Tingkatkan Inklusi dan Literasi, Astra Financial Sodorkan Beragam Solusi di GIIAS

Estimated read time 4 min read

JAKARTA – Selama 10 hari penyelenggaraan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), jumlah pengunjung booth mobil binaan Astra mengalami peningkatan.

Hasil ini tidak mengherankan mengingat ekosistem PT Astra International, Tbk. (ASII) merupakan industri otomotif terkuat di Indonesia, karena aliran airnya berada di hilir.

Astra menghadirkan seluruh ekosistemnya di GIIAS 2024 dengan ekosistem keuangannya yaitu Astra Finance.

Selain memberikan solusi pembiayaan otomotif, Astra Financial juga menawarkan beragam solusi pembiayaan kepada masyarakat. Rahmat Darmawan (45), pengunjung asal Pamulang, kaget karena di GIIAS biasanya dia bisa mendapatkan informasi tentang bantuan biaya umroh dan haji. “Selama ini car sharing menurut saya hanya pembiayaan mobil. Termasuk pembiayaan umrah dan haji,” ujarnya.

Bersama istrinya Lydia (40) dan putrinya Nabila (10), membenarkan bahwa mereka bersedia mengeluarkan uang dari Amitra, sebuah usaha bisnis pemerintah federal. “Bisa juga minta uang untuk beli kulkas, nama produknya Spektra kalau tidak salah,” tambah Lidya.

Bagi Rahmat dan keluarganya, kemudahan akses pembiayaan yang ditawarkan Straw Financial merupakan hal yang dibutuhkan masyarakat saat ini. Dengan banyaknya fasilitas yang disediakan oleh ekosistem jasa keuangan, maka tingkat aktivitas perekonomian masyarakat akan meningkat. “Selama mengajukan kredit sepeda motor, tidak ada bebannya. Misalnya dari segi denda pinjaman, atau bahkan terlambat membayar tagihan,” kata Rahmat, cara penyampaiannya sudah baik. “

Di GIIAS 2024, FIFGroup menghadirkan seluruh lini bisnisnya. Di antaranya Pembiayaan Kendaraan Baru (FIFAstra), Pembiayaan Multiguna (Danastra), Pembiayaan Multiguna (Spektra), Pembiayaan Usaha Mikro (Finatra), dan Pembiayaan Syariah (Amitra).

Berbeda dengan Rahmat, Dimas Setiawan Riady (37) datang ke pameran GIIAS 2024 bukan untuk menggalang dana mobil, melainkan menggalang dana untuk perbaikan rumah. “Dana perbaikan rumah ada pada TAF.” “Kamu bisa meminta uang untuk menikah,” katanya. Dimas pun membawa Surat Izin Mengemudi (BPKB) mobil Toyota Avanza 2022. Ini harus digunakan sebagai produk komersial.

Mudah-mudahan segera disetujui, kata warga Setra Gardeng, Tangerang.

Toyota Astra Financial Services (TAF) merupakan bagian dari ekosistem Astra Financial yang menawarkan beragam solusi keuangan. Dengan produk TAF Reddy Dana, masyarakat hanya perlu membawa mobil BPKB untuk mendapatkan pinjaman perbaikan rumah, pernikahan, kesehatan dan pendidikan. “Suku bunganya rendah dan kami dibayar melalui asuransi jiwa,” kata Dimas.

Non-Financial Drivers 2024 menandai tahun keenam Astra Financial mendukung penuh ajang GIIAS. Berbagai penawaran untuk menjawab kebutuhan pembiayaan mobil masyarakat. Padahal, sebagai anak perusahaan jasa keuangan Astra, Astra Financial menawarkan layanan keuangan lain seperti asuransi hingga layanan perbankan digital.

Direktur Astra dan Direktur Kantor Astra Financial 1, Supernu Jasmin.

Di GIIAS, Astra Financial tidak hanya fokus pada pembiayaan mobil saja, namun juga memberikan solusi untuk memenuhi kebutuhan finansial masyarakat lainnya. Ini memberikan solusi pembiayaan yang membantu pengusaha, khususnya usaha kecil dan menengah (UKM), membangun bisnis mereka.

Pada bagian ini Astra Financial menawarkan Astrapay, Maucash dan Bank Saqu. Kehadiran bisnis kami tidak hanya mendorong partisipasi, namun juga kesadaran akan keuangan publik, khususnya yang berkaitan dengan keuangan digital.

Astra Financial memberikan edukasi bagaimana aplikasi digital dapat membantu pengelolaan keuangan pribadi dan bisnis dengan lebih efektif. Astra Financial juga memiliki target mengikuti jejak Jasa Keuangan (OJK) untuk meningkatkan literasi keuangan hingga 65% dan inklusi keuangan menjadi 93% pada tahun 2027. Menurut Supernu Djasmin, kunci untuk mencapai keamanan dan kesejahteraan finansial adalah kesadaran finansial. .

Direktur Utama Astra Financial 2 Rudy Chen mengatakan Astra Financial memimpin di 10 bisnis. Mulai dari jasa keuangan roda empat termasuk kendaraan balap dan listrik seperti Astra Credit Companies (ACC) dan Toyota Astra Financial Services (TAF), serta jasa keuangan roda dua Honda yaitu FIFGroup. Tersedia layanan asuransi dari Astra-Garda Oto dan Astra Life Insurance, Uang Elektronik dari AstraPay dan layanan Fintech dari Maucash.

Sedangkan untuk aplikasi Wealth Tech dari Moxa Services, layanan pencarian mobil digital disediakan oleh SEVA, juga layanan perbankan digital dari Bank Jasa Jakarta yaitu Bank SAQ. Selama 10 hari pameran, Astra Finance mencatatkan omzet Rp 2,53 triliun yang berasal dari berbagai kebutuhan finansial.

Analis keuangan Yusawadhi mengungkapkan, Astra Financial cermat dalam melirik pelanggan dengan menawarkan berbagai solusi non-mobil di GIIAS. “Jeli sekali, karena kebanyakan orang yang punya mobil juga butuh uang untuk perumahan, pariwisata, ibadah, pendidikan, kesehatan.” “Dan Astra Finance mengikuti semuanya,” ujarnya.

Yosohadhi yang juga Chief Executive Officer Inventure meyakini kehadiran ekosistem Astra Financial akan memungkinkan masyarakat memenuhi kebutuhan finansialnya di satu tempat. “Jadi masyarakat tidak perlu kemana-mana. Karena semua dana yang dibutuhkan sudah tersedia,” imbuhnya.

Upaya mendorong literasi dan inklusi keuangan melalui Astra Financial diyakini akan menghasilkan pertumbuhan yang lebih berkelanjutan, inklusif, dan seimbang.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours