Profil dan Kekayaan Condro Kirono, Komisaris Pertamina dari TKN Prabowo-Gibran

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Melalui Rapat Umum Tahunan (RUPS Tahunan) tahun 2023, PT Pertamina (Persero) memutuskan untuk memilih anggota Direksi baru. RUPS diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 10 Juni 2024. Sebelum menjadi Komisaris Independen Pertamina pada tahun 2024, Bapak Kondro Quirono menduduki sejumlah posisi strategis di pemerintahan. Ia akan menjadi komisaris independen PT Pos Indonesia pada tahun 2021 dan komisaris Pertamina pada tahun 2019.

Pria kelahiran Solo, Jawa Tengah, 12 Desember 1961 ini dan jabatan terakhir di Polri adalah Analis Kebijakan Utama di Badan Keamanan Nasional (Baharkam). Bapak Kondro diangkat menjadi Kapolres Tegal, Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2002, Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Sumut pada tahun 2003, dan Kaportabes Polda Yogyakarta pada tahun 2004. Setelah menjabat sebagai Kaportabes pada tahun 2006, ia dipromosikan menjadi Dillantas.

Jabatan tersebut pernah dijabatnya di beberapa daerah, antara lain di Polda Kalimantan Selatan pada tahun 2006, Polda Jawa Timur pada tahun 2007, dan Polda Jaya pada tahun 2008. Pada tahun 2010 diangkat menjadi Kalobinopus Sopus Poli. Kondro Quirono diangkat menjadi Kapolda Riau pada tahun 2013 dan Kakorlantas Poli pada tahun 2014. Setelah pensiun dari Mabes Polri, ia diangkat menjadi Kapolda Jawa Tengah pada tahun 2016. BUMN tidak bisa lepas dari politik.

BUMN tidak selalu diisi oleh para ahli dan terbagi menjadi loyalis, relawan, dan ahli. Pada pemilu 2024 nanti, Pak Kondolo digadang-gadang bisa menjadi salah satu cawapres TKN Prabowo Gibran.

Kalimat

Kondro Quirono merupakan salah satu pejabat yang rutin melaporkan harta kekayaannya ke KPK. Dalam LHKPN baru, harta Kondro Quirono berjumlah Rp 68 miliar per 24 Maret 2023. Aset berupa tanah dan bangunan merupakan mayoritas aset Kondro Quirono. Ia memiliki 21 bidang tanah dan bangunan di berbagai kota dengan nilai hingga Rp 50 miliar.

Kondro Quirono memiliki tiga mobil senilai Rp 2,5 miliar. Salah satu mobil termahal milik Kondro Quirono adalah Lexus 2020 seharga Rp 2,2 miliar. Tanah Kondro Kirono tersebar di banyak daerah seperti Bogor, Bantul, Jambi Brebes, Banjarbaru, Semarang, Yogyakarta dan Jakarta Selatan. Kami juga memiliki properti pribadi lainnya, surat berharga, uang tunai dan setara kas, serta aset lainnya. Masing-masing bernilai miliaran rupiah. Berdasarkan laporan e-LKHPN, Kondolo Quirono tidak memiliki satu utang pun.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours