KAI Daop Jember layani 1,5 juta penumpang selama semester I 2024

Estimated read time 2 min read

Jember, Jawa Timur (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Area Operasi (Daop) 9 Jember melayani 1.524.060 penumpang pada semester I tahun 2024, jumlah tersebut meningkat 15% dibandingkan semester I tahun 2023, yang melayani 1.320.161 penumpang.

Manajer Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro mengatakan, peningkatan jumlah penumpang pada semester I 2024 menandakan minat masyarakat untuk menggunakan angkutan kereta api di wilayah tersebut juga tumbuh.

Keberadaan KA Pandalungan dan kembali beroperasinya KA Mutiara Timur pada angkutan lebaran 2024 dan hari libur berikutnya menjadi salah satu faktor peningkatan jumlah penumpang pada semester pertama tahun ini, ujarnya, Minggu.

Menurut dia, KA Probowangi jurusan Ketapang-Surabaya merupakan KA yang paling banyak diminati penumpang, hal ini dibuktikan dengan jumlah penumpang pada semester 2024 yang mencapai 200.543 orang.

Sedangkan untuk kelas niaga, KA Wijayakusuma dari Ketapang-Cilacap paling banyak dikunjungi penumpang.

Tidak hanya pada angkutan penumpang, lanjutnya, terjadi peningkatan signifikan pada angkutan barang. Tercatat pada semester I 2024, muatan yang dimuat dari Daop 9 Jember mencapai 2.610.240 kilogram atau meningkat 52 persen dibandingkan periode yang sama. tahun lalu hanya membawa 1.716 kilogram 0,519 kilogram.

Angkutan barang di Daop 9 Jember dikendalikan oleh angkutan barang eceran atau penumpang seperti sepeda motor, sepeda, hewan, barang atau paket dokumen, yang biasanya dimuat di kereta bagasi yang terhubung dengan kereta penumpang, seperti KA Sritanjung, KA Wijayakusuma dan Pandalungan. kereta.

Meningkatnya angkutan penumpang dan barang di kawasan Daop 9 Jember menandakan minat masyarakat terhadap angkutan kereta api semakin meningkat.

“Kemudahan akses terhadap informasi jadwal dan tiket, serta perjalanan kereta api yang aman, nyaman, dan tepat waktu menjadikan kereta api sebagai salah satu moda transportasi yang banyak diminati masyarakat,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours