Gus Yahya: PKB Tidak Punya Klaim Eksklusif Atas NU

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdalat Ulama (PBNU) KH Yahya Chol Stakov atau Gus Yahya menegaskan Partai Restorasi Nasional (PKB) tidak punya klaim terhadap NU. Meski NU dan PKB mempunyai hubungan historis, namun NU juga harus memikirkan hubungan dengan seluruh kekuatan politik yang ada, tidak hanya PKB saja.

Soal PKB, yang menjadi perhatian utama NU adalah rakyat, karena yang jelas banyak anggota NU yang menjadi pemilih PKB, namun banyak juga anggota NU yang menyebar ke partai lain, jadi kami menolaknya. klaim untuk NU,” ujarnya. kata Gus Yahya usai rapat pembahasan PBNU di Hotel Bedakara, Jakarta, Minggu (28/7/2024).

“Itu yang tidak bisa kita lakukan, bagaimana dengan warga Golkar, PDIP, Girendra dan sebagainya. Warga NU, terima atau tidak, kita tidak bisa memaksa mereka masuk PKB. Bisa,” ujarnya. Lanjutan

Ia menyayangkan tindakan ulama PKB yang terkesan menyalahkan keputusan institusi NU. Ia kemudian mengatakan, penilaiannya adalah keputusan PBNU tentang PWNU Jatim belum bisa dikatakan benar dan tidak bisa diterima.

Bahkan, PKB diragukan akan memberikan perintahnya kepada pengurus PWNU Jatim. Padahal, PKB tidak mempunyai kewenangan pengambilan keputusan di lingkungan kelembagaan NU.

“Itu persoalan, beda organisasi, jadi kemarin PBNU memecat Ketua PWNU Jatim, itu prosedur internal NU kita, kita tidak bisa salahkan PBNU lagi, lalu kita lakukan apa yang diinginkan Timur.” Jawa pesan PWNU, tidak mungkin,” ujarnya.

Oleh karena itu PKB tidak mempunyai klaim khusus terhadap NU, jadi misalnya PKB tidak bisa menyalahkan keputusan institusi yang diambil NU, tambahnya.

Ia menduga penyerangan yang dilakukan PKB ada kaitannya dengan pemilu 2024 sehingga partainya mengutus Wakil Presiden Aam Kiai Anwar Iskandar dan Wakil Komisioner Amin Syed Hosni untuk mencari solusi konflik NU dan PKB Is.

“Memang benar kita harus menghadapinya, tapi kita tahu, kita sudah lama paham ada kepentingan politik, kita paham ada agenda politik, jadi kita juga tidak mau mengambil tindakan langsung, jadi “Kami ingin. Tanggapi persoalan ini dengan serius,” kata Gus Yahya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours