Fakultas Kedokteran UKI Raih Akreditasi Unggul dari LAM-PTKes

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Kristen Indonesia (UKI) berhasil memperoleh akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes).

Secara rinci, Akreditasi Tinggi FK UKI diperuntukkan bagi Program Studi Kedokteran FK UKI sesuai SK LAM-PTKes Nomor 0365/LAM-PTKes/Akr/Pro/VI/2024 dan Program Studi Kedokteran FK UKI sesuai SK LAM-PTKes Nomor 0366/LAM -PTKes/Akr/Pro/VI/2024.

Dekan FK UKI, Dr. Dr. Robert Sinurat, Sp.BS (K) menjelaskan salah satu misi Fakultas Kedokteran UKI adalah menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bermutu, mandiri dan inovatif berdasarkan nilai-nilai Kristiani dan semangat nasionalisme dengan keunggulan di bidangnya. bidang stagnasi dan penyakit tropis.

“Kita mempunyai kegiatan Tiga Dharma yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu program kerjasama FK UKI dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang yaitu program “Live In”, dimana mahasiswa FK UKI tinggal di desa, belajar di pusat-pusat komunitas. kesehatan, memberikan pendidikan kesehatan kepada masyarakat khususnya untuk membantu upaya penurunan angka stunting yang diawasi atau dipimpin oleh “dosen FK UKI”, kata Robert dalam keterangan resminya, Jumat (19/7/2024).

Menurut Robert, FK UKI berhasil memperoleh Akreditasi Tinggi karena meningkatnya kualitas dan kuantitas penelitian serta publikasi ilmiah para dosennya. Dan juga penelitian hasil kerjasama antara guru dan siswa serta mitra yang telah dipublikasikan di jurnal internasional.

Demikian pula penelitian guru yang mendapat hibah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia menghasilkan karya inovatif berupa prototipe Virtual Reality yang dapat membantu siswa belajar secara praktik. Selain itu juga berbagai prestasi mahasiswa tingkat nasional dan internasional dalam bidang akademik dan non akademik (minat dan bakat).

“FK UKI berkomitmen untuk meningkatkan kualitas lulusan yang memiliki integritas dan kompetensi di bidang kedokteran serta mampu bersaing di tingkat Asia, khususnya ASEAN,” tambahnya.

Saat ini FK UKI juga telah mempunyai Rumah Sakit Pendidikan Utama yang terletak di dekat kampus FK UKI serta Rumah Sakit Pendidikan Jaringan (satelit dan afiliasi) yang tersebar di Jakarta dan luar Jakarta.

Prasarana proses pembelajaran di FK UKI meliputi ruang perkuliahan amphitheater dan flat, laboratorium multidisiplin, ruang skill lab, ruang kelas lengkap dengan e-board, laboratorium komputer dan juga perpustakaan yang lengkap serta mahasiswa dapat mengakses buku dan jurnal digital sesuai afiliasinya. hitung masing-masing.

FK UKI didirikan pada tanggal 2 Desember 1962 berdasarkan ketersediaan dokter di Indonesia saat itu. Hingga saat ini FK UKI telah melahirkan 5.816 dokter yang tersebar di seluruh Indonesia dan ada juga yang bekerja di luar negeri. Tepat pada tanggal 4 Juni 2024, Fakultas Kedokteran UKI kembali terakreditasi. Evaluasi lapangan dibuka oleh Rektor UKI, Prof. Dr. Dhaniswara K. Harjono, S.H., M.H., MBA.

Kelima asesor LAM-PTKES yaitu Dr. Supriatmo, M.Ked(Ped), Sp.A(K) dari Universitas Sumatera Utara; Dr. Dr. Eva Rachmi, M.Kes, M.PdKed (Universitas Mulawarman); Prof. Dr. Dr. Rizanda Mahmud, M.Kes, FISPH, FISCM, Sp.KKLP (Universitas Andalas); Dr. Sofiati Dian, Sp.S(K), M.Kes, Ph.D (Universitas Padjajaran); dan Sri Hartini, S.Kep., Ms., M.Kes., Ph.D (Universitas Gadjah Mada).

Pada hari kedua evaluasi lapangan, didampingi oleh pimpinan FK UKI, para evaluator mengunjungi 2 fasilitas pendidikan FKUKI tempat mahasiswa program studi kedokteran profesi yaitu Puskesmas Kota Bogor Selatan, dilanjutkan dengan kunjungan. kepada para direktur. rumah sakit pendidikan yaitu RSU UKI.

Dalam kunjungan ke institusi pendidikan tersebut, FK UKI mendapat kehormatan atas kunjungan Dewan Konsil Kedokteran dari Sri Lanka berjumlah 4 orang yang melakukan studi banding di LAM-PTKes Indonesia.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours