Indonesia sempurna di Grup A setelah bantai Timor Leste 6-2

Estimated read time 3 min read

Surabaya (ANTARA) – Timnas U-19 Indonesia berhasil mengalahkan Timor-Leste 6-2 di Grup A untuk melaju ke babak semifinal Piala AFF U-19 atau ASEAN Boys Championship 2024. Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa malam.

Jens Raven (18′, 26′), Figu Dennis (45′), Kadek Arel (50′), Arhan Kaka (53′), dan Mohamed Kafiatur (56′) mencetak enam gol untuk timnas Indonesia. Ricardo Rorinho Dos Santos (23′) dan Alexandro Bahquito (85′) membalas dua gol dan lolos ke Grup A dengan 9 poin.

Indonesia yang merotasi pemain pada laga ini mengambil inisiatif ofensif sejak awal. Namun di 10 menit pertama masih belum ada peluang serius, dan di sisi lain, Timor Timur beberapa kali melakukan serangan balik.

Peluang berbahaya pertama didapat Indonesia pada menit ke-15 ketika Mohamed Raghil yang menjadi pemain pengganti pada adu penalti berhasil menyambar bola. Namun sayang tendangannya masih buruk.

Usai peluang Ragil, tim besutan Indra Syafri tampak mencari celah di pertahanan Timor Leste.

Mereka kemudian pecah telur pada menit ke-18 saat Jens Raven mencetak gol keduanya di Piala AFF U-19 dari umpan sepak pojok Mohamed Kafiyatur.

Defisit satu gol langsung mengguncang tim asuhan Eduardo Pereira yang kebobolan penalti pada menit ke-23 setelah serangan cepat Aleksandar Bakhkito melanggar pemain nomor 10 di kotak penalti.

Kapten Ricardo Rorinho Dos Santos yang ditetapkan sebagai pembunuh tak menyia-nyiakan kesempatan untuk membuat skor menjadi 1:1 dengan menaklukkan kiper Ikram Algiffari.

Tim Merah Putih kembali meningkatkan serangannya dan mencetak gol kedua di laga tersebut pada menit ke-26 lewat penyelesaian assist cantik dari Raven Kafiatur.

Setelah memimpin 10 menit, Indonesia mendapat tiga peluang berturut-turut dalam dua menit setelah sepakan Kafiatur, sundulan Kadek Arel, dan tembakan Figu Dennis masih gagal membobol gawang Timor.

Babak pertama berakhir hampir 2-1. Namun tembakan Figo dari jarak jauh membentur tubuh kiper dan masuk ke gawang.

Di babak kedua, Indonesia tak memperlambat serangan dan mencetak dua gol cepat. Kadek yang mencetak gol ketiganya pada menit ke-50 memanfaatkan sepak pojok Kafiatur untuk mencetak gol keempatnya untuk Timor Timur.

Pada menit ke-53, Arhan Kaka pun mencatatkan namanya melalui assist Raven yang berpeluang membuat hat-trick pada menit ke-53.

Maestro Kafiatur tak mau kalah pada menit ke-56. Setelah membantu rekan satu timnya dengan umpan luar biasa, pemain berusia 18 tahun itu melepaskan tembakan keras jarak jauh ke gawang Indonesia.

Sempat unggul jauh, Indonesia tampak nyaman bermain. Mereka nyaris mencetak gol pada menit ke-62 dan 73 lewat peluang Kaka dan Jens. Namun tetap gagal karena didorong dan diperluas.

Bahito memperkecil kedudukan pada menit ke-85 melalui tembakan kiper pengganti I Wayan Arta. Saat wasit asal Korea Selatan Choi Hyun-jae meniup peluit panjang, skor berubah menjadi 6-2.

Hasilnya, Indonesia menjadi juara Grup A dengan 9 poin dan akan menghadapi pemenang Grup C antara Malaysia U-19 dan Thailand U di semifinal Piala AFF U-19. -19.

Berikut komposisi kedua tim:

Indonesia U-19: Ikram Algiffari, Rizjar Nurviat Subagja, Felix Kamuru, Kadek Arel (tengah), Figu Dennis, Jens Raven, Mohamed Kafiatur, Welberliscott Jardim, Sultan Zaki Pramana, Mohamed Raghil, Iqbal Gwijange.

Pelatih: Indra Syafri

Timor-Leste U-19: Alexandre Quintao, Rui Juman, Carol Moreira, Aureo Viera Cruz, Palomito Antonio, Alexandro Bahquito, Vabio Cannavaro, Ricardo Rorinho dos Santos (tengah), Leonio Quilton, Ario Melip Jimenez, Marques de Carvalho

Pelatih kepala: Eduardo Pereira

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours