Ponaryo sebut program naturalisasi dongkrak performa timnas Indonesia

Estimated read time 2 min read

Jakarta (Antara) – Legenda tim sepak bola nasional (Timnas) Indonesia Ponario Astaman mengatakan, program naturalisasi yang dilakukan Persatuan Sepak Bola Seluruh (PSSI) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemanpora) kini meningkatkan performa. Pasukan elang untuk keunggulan.

Ia tak memungkiri, program tersebut sangat membantu perkembangan timnas hingga mencapai level saat ini.

Indonesia bisa lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Ranking FIFA naik signifikan artinya berdampak positif, kata Ponario kepada Antara di Jakarta, Rabu.

Meski demikian, ia tetap mengingatkan agar pengembangan sepak bola lokal tidak hanya terfokus pada satu sisi saja, melainkan dilakukan dari semua sisi secara bersamaan atau bersamaan.

Mantan General Manager (GM) Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) ini mengatakan, “Hanya saja sepak bola tidak hanya menyelesaikan satu sisi saja, harus dilakukan secara bersama-sama.” Baca Juga: Final AFF U-19 2024, Ponario Astaman: Kemungkinan juara terbuka, jadi intinya, lanjutnya, pembangunan harus terus ditingkatkan di segala aspek, mulai dari penyelenggaraan kompetisi, peningkatan kualitas wasit, dan program pendukung. Untuk pembaruan pemain.

Sedangkan pada tahun 2024, performa sepak bola akan mulai membaik secara bertahap.

Rupanya, timnas senior mampu lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 dan otomatis lolos ke Piala Asia 2027.

Selain itu, timnas U-19 baru-baru ini berhasil menjuarai Piala AFF U-19 2024 atau yang kini disebut Kejuaraan Putra U-19 ASEAN.

Kontribusi pemain naturalisasi dalam meraih trofi Asia Tenggara terlihat sangat signifikan, melalui Jens Raven yang menjadi satu-satunya pencetak gol saat bertanding melawan Thailand pada babak final di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (29/7) lalu.

Striker muda itu resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) pada Juni lalu.

Saat ini, sang pemain memperkuat klub FC Dordrecht U-21 di Liga Belanda. Baca Juga: Indonesia Kalahkan Thailand Juara Piala AFF U-19

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours