Gaya hidup tidak sehat dapat menyebabkan wajah bengkak

Estimated read time 2 min read

Batavia (Antara) – Dr. Gori Reddy Roko MD, pakar kesehatan regeneratif dan hormon, mengatakan penyebab umum moon face atau wajah bengkak adalah penumpukan lemak karena gaya hidup gila dan masalah kesehatan yang memengaruhi hormon kortisol dalam tubuh. .

“Ini adalah penumpukan lemak di wajah dan biasanya disebabkan oleh produksi kortisol baik dari tubuh atau dari obat yang Anda minum,” kata Rocco.

Menulis di situs Good & Good, Kamis (1/8), Cleveland memberitakan bahwa wajah bulan (juga “wajah bulan”) adalah pembengkakan yang terbentuk di sisi wajah, sehingga tampak utuh. bengkak dan bulat. bulan

Ini bukan suatu kondisi, tapi efek samping dari masalah kesehatan mendasar yang memengaruhi kadar hormon tubuh seperti kortisol, kata Dr. Rocco

Orang sering kali diobati dengan kortikosteroid, seperti valium, untuk kondisi seperti radang sendi, penyakit autoimun seperti asma, lupus dan multiple sclerosis, kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis, atau jenis kanker tertentu.

Penyebab medis lain dari moon face mungkin lebih umum terjadi, seperti resistensi insulin, diabetes, atau hipotiroidisme, namun ada juga kemungkinan untuk mengalami efek samping lain, seperti kelelahan, masalah tidur, depresi atau kecemasan, antara lain, Dr. Rocco

“Bengkak di bagian utara bisa disebabkan oleh hal lain seperti retensi air, penambahan berat badan, terlalu banyak minum alkohol, dehidrasi, dan pola makan rendah lemak, gula, dan makanan olahan. Semua hal ini bisa membuat wajah lebih bulat,” kata Rocco.

Mayo Clinic juga menyatakan bahwa stres kronis dapat meningkatkan kemungkinan kembalinya kebiasaan gaya hidup buruk, yang seiring waktu dapat menyebabkan peningkatan kadar kortisol dan efek samping seperti masalah tidur, kecemasan, dan penambahan berat badan.

Untuk mencegah peradangan, Klinik Cleveland merekomendasikan untuk menjaga kadar kortisol agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. Kadar kortisol darah yang sehat biasanya mencapai puncaknya di pagi hari dan menurun sepanjang hari. Bagi kebanyakan orang dewasa, kadarnya adalah 10 hingga 20 mikrogram per desiliter antara jam 6 sore. dan jam 8 malam. dan 3 hingga 10 mikrogram per desiliter sekitar jam 4 sore.

Kadar kortisol yang terlalu tinggi (akibat kondisi medis tertentu atau stres kronis) dapat menimbulkan efek seperti penambahan berat badan, depresi, peradangan, dan banyak lagi, kata Dr. Rocco

“Jika kortisol tinggi disebabkan oleh suatu kondisi medis, Anda harus menemui dokter atau menjalani pengobatan. Namun secara umum, kebiasaan gaya hidup sehat yang sudah Anda terapkan akan membantu tingkat kortisol Anda secara keseluruhan – tidak perlu suplemen e-book atau kemewahan.”

Rocco merekomendasikan tidur yang cukup, olahraga setiap hari, pola makan seimbang, mengurangi asupan alkohol, dan memprioritaskan manajemen stres untuk meningkatkan hormon kebahagiaan oksitosin dan endorfin untuk kesehatan secara keseluruhan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours