Menag Yaqut Menghadap Presiden Jokowi di Istana, Ngakunya Hanya Laporan Rutin

Estimated read time 1 min read

JAKARTA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Jakarta hari ini, Jumat (19/07/2024). Gus Yaqut mengaku hanya melaporkan pelaksanaan tugasnya di Kementerian Agama (Kemenag).

“Saya rutin lapor. Laporan rutin ke Presiden atas pelaksanaan tugasnya di Kementerian Agama,” kata Yaqut di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (19/7/2024).

Dia tidak merinci informasi apa saja yang dia laporkan ke Jokowi. Dia melaporkan semua tugasnya sebagai Menteri Agama.

Saat dikonfirmasi Yaqut terkait dugaan korupsi alokasi tambahan kuota haji di Kementerian Agama, dia tak menjawab.

Sekadar informasi, persoalan alokasi lanjutan kuota haji 1445 H/2024 M mencuat pasca pembentukan Pansus Hak Penelitian Haji oleh DPR. Salah satu pertanyaan yang diajukan adalah mengapa ekstra kuota haji dialokasikan 50 persen untuk haji reguler dan 50 persen untuk haji khusus?

Tahun ini Indonesia mendapat 221.000 kuota yang terdiri dari 203.320 kuota haji reguler dan 17.680 kuota haji khusus. Hal ini sesuai dengan Pasal 64 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah yang menyebutkan kuota haji khusus sebesar 8 persen.

Saat Presiden Jokowi berkunjung ke Arab Saudi pada Oktober 2023, ia juga diberikan kuota ekstra khusus sebanyak 20.000 jamaah. Disebut istimewa karena baru kali ini Indonesia mendapat tambahan kuota sebesar itu.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours