Jaksel gencarkan sosialisasi pembebasan lahan normalisasi Ciliwung

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (ANTARA) – Pemerintah Kota Jakarta Selatan bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung-Cisadane, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperkuat langkah alih fungsi lahan agar normal kembali. penduduk. Sungai Ciliwun.

“Kalau setuju akan disampaikan ke BBWSC terkait alokasi lahan, kemudian kementerian akan menindaklanjutinya secara fisik, kemudian ada komunikasi dan kerja sama,” kata Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Selatan di sela-sela acara. Jakarta Selatan. Balai Kota Jakarta, Jumat.

Katanya, hal itu dilakukan secara normal

Sungai Ciliwung bisa menjadi salah satu contoh sungai di Jakarta. Saya berharap Sungai Ciliwung menjadi salah satu ‘pilot project’ dari 13 sungai yang melewati DKI, ujarnya.

Ia mengatakan, kawasan bantaran Kali Silivung di Kelurahan Rawajati, Pankoran merupakan salah satu kawasan rawan banjir di Jakarta Selatan (Yaksel) selain Kali Krukut dan Kali Pesanggrahan. Baca juga: Warga Jaksel Bisa Beli Rumah dengan Uang Biasa, kata Ciliwung, akibat banjir atau banjir sedang di Jaksel akibat banjir.

Rata-rata air di Jakarta Selatan secara teknis masih belum banjir, kondisi sungainya atau saat ini, ujarnya. Dalam program percontohan tersebut, BBWS SDA Jakarta Selatan Ciliwung-Cisadane telah bermitra dengan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR.

Selain itu, Suku Dinas SDA Jakarta Selatan juga menargetkan Kali Krukut untuk diolah karena rawan banjir. Baca Juga: Proses Pembebasan Lahan Pesisir Ciliwung Terus Berlanjut

Sungai ini sempit karena disekitarnya terdapat bangunan sehingga sering menimbulkan banjir di ibu kota.

Sejak 2014, pemerintah berupaya melakukan normalisasi Sungai Ciliwung sepanjang 33 kilometer, hingga saat ini sudah 16 kilometer yang sudah dinormalisasi. Sisanya 17 kilometer diubah menjadi bangunan dan lahan.

Pengendalian ini bertujuan untuk mengembalikan lebar Sungai Ciliwung ke kondisi normal, yakni 35-50 meter.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours