5 Cara Mengatasi Memori iPhone Penuh, Simak dan Coba!

Estimated read time 3 min read

Jakarta – Cara mengatasi memori iPhone penuh bisa dilakukan dengan mudah. Pengguna dapat mencoba solusi seperti mengosongkan sebagian ruang penyimpanan dan menghapus file atau aplikasi yang tidak digunakan pada perangkat terkait.

Meski performanya kuat, iPhone masih memiliki beberapa masalah yang dikeluhkan banyak pengguna. Misalnya saja penyimpanan atau memori pada perangkat sudah penuh.

Memori iPhone yang penuh dapat mengganggu kinerja perangkat. Tidak hanya lambat, namun terkadang menimbulkan masalah lain.

Lalu bagaimana cara mengatasi memori iPhone penuh? Berikut ulasan Selasa (16/7/2024) yang dihimpun dari berbagai sumber.

Mengatasi memori iPhone penuh 1. Hapus aplikasi yang tidak terpakai Meski ruang penyimpanannya besar, memori iPhone bisa terisi jika pengguna menginstal terlalu banyak aplikasi. Cara mengatasinya yang mudah adalah dengan menghapus banyak aplikasi yang jarang digunakan atau bahkan tidak pernah digunakan lagi.

Jika aplikasi tidak dapat di-uninstall, pengguna dapat menghapus datanya. Sekadar informasi, semua aplikasi biasanya menyimpan data dan dokumen yang juga menggunakan memori penyimpanan iPhone.

Misalnya saja aplikasi WhatsApp yang dapat menyimpan media yang dikirimkan seperti gambar, video, dan foto. Untuk mengosongkan ruang penyimpanan, harap hapus data dari setiap aplikasi seperti di atas.

2. Hapus cache browser Saat Anda menjelajah Internet melalui browser, perangkat Anda mungkin menyimpan cache dan banyak data lainnya. Hal seperti ini juga bisa menyebabkan memori iPhone menjadi penuh.

Oleh karena itu, pengguna perlu menghapus cache browser yang digunakannya. Berikut ini contoh jika Anda menggunakan Safari:

– Buka menu pengaturan

Gulir ke bawah dan temukan pengaturan browser Safari

– Pilih pengaturan browser, lalu cari “Hapus riwayat dan informasi situs” th”

– Selesaikan gambarnya

3. Hapus File Media Sampah Selanjutnya, pengguna dapat mencoba menghapus file media sampah dari perangkat mereka. Misalnya, foto, video, dan dokumen dikumpulkan secara anonim. Berikut langkah-langkahnya:

– Masuk ke galeri

– Buka albumnya. Kemudian pilih file foto atau video yang tidak penting untuk dihapus nanti.

– Kemudian centang folder “Baru Dihapus” dan tap “Pilih”

– Lalu klik “Hapus Semua” untuk menghapus file media secara permanen.

– Selesaikan gambarnya

4. Mencadangkan file ke cloud Jika tidak memungkinkan untuk menghapus file media, pengguna dapat mencadangkan file dengan cloud secara online. Bisa menggunakan iCloud dari Apple, Google Drive dan lainnya.

Jika Anda merasa ruang penyimpanan iCloud tidak cukup besar, Anda dapat meningkatkan ke iCloud+.

5. Memindahkan file berukuran besar ke komputer/laptop Jika masih ragu untuk menghapus atau membackup ke cloud, pengguna bisa memindahkan file berukuran besar ke laptop atau komputer di rumah. Maka informasi ini dapat disimpan dengan aman dan memori iPhone akan sedikit lebih besar.

Berikut ulasan cara mengatasi memori iPhone penuh. Saya harap ini bermanfaat.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours