Kejurnas Atletik U-16 dan Indonesia U-18 Open Championships 2024 Resmi Dibuka di Yogyakarta

Estimated read time 2 min read

Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) resmi membuka Kejuaraan Nasional Atletik (Kejurnas) 2024 di Stadion Mandala Krida Yogyakarta pada Sabtu (20/7/2024). Upacara pembukaan dihadiri oleh anggota Forkopimda Yogyakarta, atlet, perwakilan tujuh negara dan ribuan penonton.

Kejuaraan ini merupakan wujud komitmen PB PASI dalam mengembangkan talenta muda dan meningkatkan prestasi di tingkat internasional. Dalam sambutannya, Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Luhut Binsar Panjaitan menyoroti pentingnya Yogyakarta dalam sejarah atletik Indonesia.

Yogyakarta dengan segala kekayaan budayanya juga menjadi lahan subur untuk mengembangkan sportivitas dan semangat juang. “Yogyakarta mempunyai tempat yang sangat penting dalam sejarah atletik Indonesia. Kota ini banyak melahirkan atlet-atlet berprestasi yang mengharumkan nama Indonesia di kancah nasional dan internasional,” kata Luhut dalam konferensi pers.

Luhut menegaskan, penting bagi seorang atlet untuk menjaga sportivitas dan kejujuran dalam bertanding. Karena itu akan menjadi modal utama para atlet untuk mengembangkan potensinya.

“Bersaing secara sehat, tunjukkan kemampuan terbaik dan selalu menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas. Ingatlah bahwa setiap langkah yang diambil merupakan landasan bagi masa depan atletik Indonesia yang cerah,” lanjutnya.

Luhut juga menyampaikan beberapa upaya penting yang dilakukan PB PASI untuk memajukan atletik Indonesia. Salah satunya adalah balai latihan atletik terbesar dan terintegrasi di Asia Tenggara yang berada di Pangalengan, Jawa Barat. Pemusatan latihan yang berada di lahan seluas 10 hektar ini mampu menampung hingga 90 atlet dan pelatih sekaligus.

“Kami juga terus mendorong para atlet-atlet terbaik asal Indonesia bagian timur untuk berlatih dan bergabung di Balai Atletik Papua di Timika. Hari ini, kita mulai sukses menampilkan kembali atlet-atlet Papua yang sebelumnya telah banyak meraih juara baik nasional maupun internasional,” imbuhnya. . .

Lebih dari 1.000 atlet, pelatih dan ofisial dari 38 provinsi di Indonesia, serta perwakilan dari tujuh negara yaitu Australia, Thailand, Timor Timur, Korea Selatan, Hong Kong, mengikuti Kejuaraan Nasional Indonesia U16 dan U18 Open 2024 di Singapura. , Filipina. Kejuaraan ini mencakup 200 nomor pertandingan pada 20-24 Juli 2024.

Selain itu, puluhan pelaku usaha kecil dan menengah lokal turut serta dalam acara ini untuk mendukung perekonomian daerah. “Kami berharap Kejuaraan Nasional Atletik Indonesia U16 dan U18 tahun 2024 menjadi ajang inspiratif, membawa semangat baru dan mempersiapkan atlet-atlet muda Indonesia untuk berprestasi di tingkat global,” pungkas Luhut.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours