Peduli Lingkungan, DPD REI Kompak Sukseskan Program Penanaman Sejuta Pohon

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Persoalan lingkungan hidup dan kondisi perubahan iklim menjadi fokus Dewan Pengelola Real Estate Daerah Indonesia (DPD REI) seluruh Indonesia. Untuk itu DPD REI bertekad mensukseskan dan mewujudkan Program Penanaman Sejuta Pohon yang dicanangkan Ketua Umum DPP REI Joko Suranto di seluruh Indonesia.

Hal itu diwujudkan dengan penandatanganan komitmen bersama antara Direktur Penuntutan Umum dan DPD REI se-Indonesia di sela-sela Rapat Koordinasi (RAKOR) DPP dan DPD REI pada Kamis 27 Juni 2024 di Jakarta.

“Dalam rangka menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup, kami DPP REI dan DPD REI hari ini menandatangani komitmen bersama menyukseskan Program Penanaman Sejuta Pohon REI,” kata Joco Suranto dalam keterangannya, Sabtu (29/6/2024). ). ). ).

Dengan ikrar ini, seluruh pengembang anggota REI diajak untuk menanam dua pohon untuk setiap unit rumah yang dibangun. Seluruh anggota diajak untuk membangun taman lingkungan yang berkualitas di setiap pembangunan proyek perumahannya.

Selanjutnya, setiap DPD REI diminta menyelenggarakan program penanaman pohon minimal satu kali di wilayahnya masing-masing.

“Jangan lupa untuk melakukan pendataan pada program penanaman pohon ini yang meliputi data jumlah, jenis dan lokasi penanaman pohon,” kata Joko.

Ia menegaskan, program tersebut dibuat untuk merespons situasi perubahan iklim yang semakin meningkat dan menjadi perhatian banyak pihak, termasuk REI. Jadi, Program Penanaman Sejuta Pohon merupakan salah satu cara asosiasi perusahaan properti tertua dan terbesar di Tanah Air ini untuk berterima kasih kepada alam sekaligus mencintai generasi mendatang dengan mewariskan dunia yang lebih baik.

REI, CEO Buana Kascity Group, berharap target penanaman satu juta pohon dapat tercapai pada akhir tahun 2027. Joko berencana menanam dua pohon jika anggota REI membangun sekitar 106.000 rumah bersubsidi setiap tahunnya. Artinya, sudah ada 212.000 pohon yang ditanam.

Selain itu, anggota REI membangun sekitar 60.000 rumah komersial setiap tahunnya, yang berarti sekitar 120.000 pohon tambahan. “Oleh karena itu, setidaknya ditanam 250 ribu hingga 300 ribu pohon setiap tahunnya,” kata mantan mahasiswa Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta ini.

Sejak diluncurkan pada 11 Februari 2024 (perayaan HUT REI ke-52) hingga saat ini, penanaman pohon tanaman keras, tanaman hias, dan mangrove REI telah menanam lebih dari 70 ribu pohon.

REI menanam pohon di Lampung, Ekowisata Mangrove Kapuk (Jakarta), Waduk Duriankang (Batam), Perumahan Desa Puritama (Pekanbaru, Riau), Kawasan Wisata Parapur (Labuan Bajo, NTT), Kawasan Taman Hutan Raya Ngurah Rai (Tahura). Bali., dan Perumahan Tjokro Emerald, Pringwulung, Depok-Sleman, Yogyakarta di kawasan khusus. Lalu ke Kepulauan Riau (Capri), Jawa Barat, dan Banten.

Saat ini REI sedang dalam proses membangun pembibitan pohon di 10 lokasi di Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Solo, Banten, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan, Papua, dan Bali. Pembibitan ini akan memberikan bibit pohon kepada anggota REI, masyarakat dan pemerintah daerah yang membutuhkan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours