Candi Telih, Saksi Bisu Kisah Cinta Pertama Ken Arok dan Ken Umang

Estimated read time 2 min read

Candi Telih memperlihatkan bagaimana Ken Arok, penguasa pertama Singasari, berhenti merindukan istri pertamanya. Kisah ini terjadi setelah Ken Arok keluar dari Tinggi Ametung dan membunuhnya.

Alhasil, ia naik takhta memerintah daerah Tumapel dan menikah dengan istri ANGKAL Ametung, Ken Dedes. Pernikahan dengan Ken Dedes merupakan pernikahan Ken Arok yang kedua, karena ia telah mempunyai seorang istri bernama Ken Umang.

Ken Umang sendiri merupakan adik angkat dari putra Bango Samparan yang menikah dengan Ken Arok pada masa pemberontakannya melawan Tumapel. Sedangkan istrinya adalah Ken Dedes yang dinikahinya saat menjadi pemimpin Tumapel.

Meski telah menikah dengan Ken Dedes, namun yang jelas cinta Ken Arok pada Ken Umang belum berakhir.

“Ken Umang tahu kalau dia hanya selir Ken Arok. Kurangi”.

Ken Arok biasa menjenguk Ken Umang tanpa sepengetahuan Ken Dedes tentunya. Ken Arok mengunjungi Ken Umang di sebuah pura bernama Telih yang terletak di Dusun Sumbul, Desa Klampok, Kecamatan Singosari.

Di Pura Telih yang memiliki tinggi 2 meter dan lebar 2,5 meter, keduanya kerap bertemu. Ken Arok teringat pada Ken Umang, istri pertamanya. Di candi itulah Ken Arok mulai berpacaran dengan Ken Umang.

Karena cinta kasih Ken Arok dan Ken Umang, berdasarkan Teks Mula Malurung Tahun 1255, keduanya dikaruniai empat orang anak, yakni Tohjaya, Panji Sudatu, Tuan Wregola, dan Dewi Rambi.

Meski hanya sebagai penerus, Ken Umang tetap mendapat tempat di Keraton Tumapel. Saat pelantikan Ken Arok sebagai Gubernur Tumapel, Lohgawe, seorang pendeta, akhirnya menanggapi protes warganya.

Sebab selama ini masyarakat mengetahui perjuangan Ken Umang melawan Akuwu Tumapel dan pasukannya.

Alhasil, saat diperkenalkan sebagai sutradara Tumapel, Ken Umang pun muncul di tengah-tengah. Ken Arok mempunyai dua pasangan, Ken Dedes dan Ken Umang.

Namun pada akhirnya justru Ken Dedes yang menjadi istri Ken Arok, dan alhasil ia menikah dengan Ken Arok. Sedangkan Ken Umang tetap menjadi pacar Ken Arok.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours