UNESCO persembahkan keindahan Poros Tengah Beijing kepada dunia

Estimated read time 2 min read

NEW DELHI (ANTARA) – Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) memasukkan Poros Tengah Beijing ke dalam Daftar Warisan Dunia sebagai pengakuan atas integritas, keaslian, status perlindungan dan pengelolaannya.

Komite Warisan Dunia UNESCO percaya bahwa poros tengah Beijing adalah unik dalam sejarah kota-kota di seluruh dunia dan berdasarkan pada konsep filosofis tradisional “zhong” (sentralitas) dan “he” (harmoni), hal ini mewujudkan konsep tersebut dan telah membuat kontribusi besar bagi sejarah Beijing. Perencanaan kota di seluruh dunia.

Kelompok tersebut sangat memuji upaya dan pencapaian luar biasa pemerintah Tiongkok dalam melindungi dan melestarikan warisan budaya ibu kota kuno Beijing.

Awalnya XIII. Dibangun pada abad ke-16 Didirikan pada abad ke-19, poros tengah Beijing melintasi Kota Tua Beijing dari utara ke selatan.

Struktur ini kini menjadi poros perkotaan terpanjang di dunia, dengan panjang 7,8 kilometer.

Pada tanggal 18 Juli 2024, sebuah kereta peluru melewati Yongdingmen di Beijing, Tiongkok. (Kantor Berita Xinhua/Zhu Huanzong)

Pada Sabtu malam (27 Juli waktu setempat), Wakil Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Tiongkok, dalam acara bertajuk “Resepsi: Malam di Beijing Tengah” yang diadakan di New Delhi. Li Qun mengatakan poros tengah Beijing adalah salah satu situs warisan budaya Tiongkok yang paling penting di dunia.

Li mencatat bahwa pencantuman Poros Tengah Beijing pada Daftar Warisan Dunia semakin menekankan nilai keseluruhan sejarah dan budaya Beijing.

Acara ini juga meluncurkan program Digital Central Axis Weixin Mini, yang memberikan tur berpemandu seluler yang mendalam kepada pengguna.

Selain itu, Komite Warisan Dunia ke-46 UNESCO juga menghapus lima situs yang diusulkan sebagai bagian dari hutan belantara Hurricane Jalan: menara pasir dan laguna serta suaka burung migran di pantai Laut Kuning-Teluk Bohai Tiongkok. Setelah melalui proses peninjauan, maka akan ditambahkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO.

Selain itu, saat ini terdapat 59 Situs Warisan Dunia di Tiongkok.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours