Dukcapil DKI tunggu Keppres untuk distribusikan 8,3 juta KTP DKJ

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta menunggu perintah Presiden (Keppres) untuk mendistribusikan 8,3 juta e-form KTP e-form untuk Daerah Khusus (DKJ) Jakarta.

Kepala Staf Dukcapil DKI Jakarta Budi Awaluddin menyatakan, pendistribusian e-KTP DKJ tidak menunggu selesainya rencana pembatalan Nomor Induk Kependudukan (NIK) milik warga yang tidak berdomisili di wilayah Jakarta.

“Jangan menunggu untuk membunuh. “Setelah keluarnya Perpres pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Ibu Kota Pulau (IKN) di Kalimantan Timur, bisa segera kita distribusikan,” ujarnya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Budi mengatakan, ketersediaan formulir e-KTP DKJ sudah dipastikan. Setelah itu, warga Jakarta hanya perlu membawa KTP dan Kartu Keluarga (KK) saat menukarkan KTP ke DKJ di kantor Dukcapil terdekat.

KTP elektronik dapat digantikan dengan layanan administrasi publik yang dibutuhkan masyarakat.

“Penggantian KTP dan DKJ DKI Jakarta akan dilakukan secara bertahap. “Akan ada penggantian berdasarkan permintaan masyarakat, seperti kartu identitas yang hilang atau rusak,” ujarnya.

Warga tidak perlu melakukan penyesuaian dokumen di DKJ apabila dokumen kependudukan sudah terbit sebelum Peraturan Presiden terbit.

“Untuk dokumen kependudukan yang diterbitkan sebelum keluarnya Keppres Perubahan DKI Jakarta menjadi DKJ Jakarta, tidak perlu dilakukan perubahan atau perubahan apa pun terhadap dokumen tersebut,” kata Budi.

Ia menambahkan, perubahan KTP ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2024 di Provinsi DKI Jakarta.

Saat ini, UU No. Pada tanggal 2 Februari 2024, Pasal 63 menyatakan bahwa Jakarta saat ini adalah Ibu Kota Negara (IKN) Negara Kesatuan Republik Indonesia, sampai dengan dikeluarkannya keputusan Presiden tentang pemindahan IKN dari ibu kota provinsi Jakarta yang khusus untuk ibu kota negara. Pulau – pulau. berdasarkan faktor-faktor yang relevan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours