Pilih Toyota Fortuner atau Isuzu MU-X, Duo Favorit SUV di Indonesia

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Segmen SUV di Indonesia sangat kompetitif. Pilihan lainnya termasuk Toyota Fortuner dan Isuzu MU-X. Perbandingan kedua tipe mobil tersebut bisa dilihat pada Pameran Otomotif Gaikindo Indonesia (GIIAS) 2024 pada 18-28 Juli di ICE BSD City, Tangerang. Toyota Fortuner berada di Hall 5B, sedangkan Isuzu yang mengendarai MU-X berada di Hall 2C.

Toyota Fortuner dan Isuzu MU-X menjadi yang paling banyak dibicarakan karena menjadi pilihan utama SUV kelas 7 tersebut. Kebanggaan mengendarai kedua jenis mobil ini menjadi alasan bagi pengguna Indonesia.

Beberapa aspek perbandingan patut mendapat perhatian. Dari luar, baik Fortuner maupun MU-X memiliki ekspresi serupa, sporty dan bertenaga, karena dibuat dengan kap mesin yang panjang.

Gril trapesium panjang dengan lampu depan LED medium melengkapi bagian depan Fortuner G. Sedangkan Isuzu MU-X 1.9L 2022 memiliki desain segitiga dengan logo khas Isuzu dan kap sport.

Kedua belah pihak menunjukkan sportivitas. Anda juga mengandalkan velg berukuran 17 inci dengan pelek berbahan khusus dan kuat. Namun Isuzu MU-X 4×4 seolah berfungsi sebagai kendaraan niaga. Hal ini terlihat dari bagian depan dan belakang.

Bagian belakang keduanya juga serupa. Keduanya memiliki lampu depan dan lampu belakang sport.

Di dalam, Isuzu MU-X dan Fortuner G sama-sama memiliki ruang kabin yang luas. Namun, bodi MU-X berukuran besar, meski sangat berbeda.

Kedua kendaraan tersebut juga memiliki berbagai fitur termasuk koreksi dan teleskop. Selain itu, meski hanya menutupi pakaian biasa, tetap terlihat dan terasa nyaman.

Dari segi fitur keselamatan, keunggulan Fortuner G adalah banyaknya airbag dengan 7 SRS airbag, sedangkan Isuzu MU-X hanya memiliki airbag depan. Selanjutnya fiturnya mirip dengan sistem pengereman elektronik (ABS + EBD + VSC dan Hill Assist). Juga, immobilizer terintegrasi, kamera parkir belakang, dan kontrol traksi.

Fitur tambahan Fortuner G memiliki Trailer Sway Control yang sangat membantu untuk memasang trailer tambahan di belakang mobil. Isuzu MU-X punya hill descend control yang tidak dimiliki Fortuner G.

Dari segi performa, di atas kertas Toyota Fortuner G terlihat menjanjikan, terutama saat akselerasi. Namun pengujian menunjukkan hasil yang tidak jauh berbeda, akselerasi 0-100km/jam ditempuh Fortuner G dalam waktu 14 detik, sedangkan Isuzu MU-X imbang dalam waktu 14,5 detik.

Selain itu, Isuzu MU-X juga harus mengetahui kelebihan Fortuner G dari segi irit bahan bakar. Efisiensi bahan bakar Fortuner G sekitar 16 km/liter dalam mode otomatis. Bahkan, versi manualnya bisa mencapai 17 km/liter. Sedangkan Isuzu MU-X bertransmisi otomatis dan konsumsi bahan bakar maksimal 12,2 km/liter.

Dari segi harga, Toyota Fortuner G sedikit lebih mahal yakni Rp 573,7 juta. Sedangkan Isuzu MU-X dibanderol Rp 599,45 juta. Kedua harga tersebut adalah on the road (OTR) di Jakarta.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours