Prospek Industri Bus Cerah di 2024, Ini Indikatornya

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyebut industri bus mempunyai prospek cerah di tahun 2024. Hal ini didasari oleh penjualan grosir (pabrik ke dealer) bus nasional yang terus berkembang pesat.

Hal itu diungkapkan oleh Plt. Putu Juli Ardika, General Manager Logam, Mesin, Alat Angkut dan Elektronika (ILMATE), mengatakan penjualan bus nasional meningkat 140 persen secara tahunan pada periode Januari-Desember 2023 mencapai 6.227 unit.

Pada saat yang sama, penjualan ritel bus nasional (dari pengecer hingga pembeli) meningkat sebesar 59 persen year-on-year menjadi 5.369 unit.

“Kami melihat industri bus memiliki prospek yang cerah di tahun 2024, tentunya hal ini menjadi harapan bagi para pelaku bus di Indonesia,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (22/7/2024).

Putu mengatakan Kementerian Perindustrian terus mendukung berfungsinya industri otomotif di Indonesia, termasuk memperluas pasar dan penjualan mobil di dalam negeri.

Selain itu, sektor otomotif merupakan salah satu sektor yang patut dikembangkan sebagai prioritas karena dapat berperan penting dalam perekonomian negara.

“Sektor transportasi akan memberikan dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan PDB industri pada tahun 2023, dengan pertumbuhan sebesar 7,63 persen, atau lebih besar dari pertumbuhan seluruh sektor industri. “Pertumbuhan sektor transportasi tidak lepas dari kontribusi sektor otomotif,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bodywork Indonesia merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Banyaknya bus yang diproduksi di dalam negeri dan diekspor ke berbagai negara membuktikan hal tersebut.

Putu menjajaki aktivitas fisik di Indonesia sangat kompetitif. Hal ini akan mendorong peningkatan nilai tambah dalam negeri.

Kreativitas dan bodywork Indonesia termasuk yang terbaik di dunia, terkenal di dunia karena harganya yang sangat kompetitif. Bus produksi bodywork Indonesia juga sudah diterima di banyak negara eksportir, ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours