Penemu Tiramisu Roberto Linguanotto Meninggal Dunia

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Koki yang dikenal sebagai salah satu pencipta tiramisu, Roberto “Loli” Linguanotto meninggal dunia di usia 81 tahun setelah lama sakit.

Semasa hidupnya Roberto menjadi terkenal sebagai koki di restoran terkenal Le Beccherie di Treviso, Italia. Dari situlah ia menciptakan makanan penutup yang menjadi favorit hampir semua orang di dunia.

Diposting Metro.co.uk, Selasa (30/7/2024) Ada beberapa cerita bagaimana Roberto menciptakan Tiramisu. Salah satunya, dia secara tidak sengaja menjatuhkan mascarpone ke dalam semangkuk gula dan telur.

Selanjutnya, dia dan salah satu pendiri Alba di Pillo-Campeol, Le Beccherie Ado Campeol menambahkan jari yang direndam dalam espresso.

Jurnalis Gigi Padovani yang menjadi teman baik Roberto menulis buku ‘Tiramisu’ bersama istrinya Clara. Dia mengenang bahwa dalam waktu singkat permen menjadi bagian penting dalam hubungan saya.

Makanan disajikan dalam mangkuk bundar dengan es kopi dan dua lapis krim dan mascarpone. Beberapa tahun kemudian, pada tahun 1983, resep tiramisu pertama kali diterbitkan di majalah gastronomi Treviso.

LaBaccherie membawanya ke Venesia dan kemudian memamerkannya ke seluruh dunia. Sejak tahun 1990, manisan ini terkenal dimana-mana.

Roberto tampak sangat populer di kalangan teman-temannya meski pemalu dan pendiam. Dia menghabiskan beberapa tahun bekerja di luar negeri sebelum kembali ke kampung halamannya di Veneto, NeedToKnow melaporkan.

Meninggalnya Roberto meninggalkan luka mendalam bagi keluarga dan rekan-rekannya. Salah satunya adalah Presiden wilayah tersebut, Luca Zaya, yang mengungkapkan kesedihannya.

“Saya sangat berduka atas meninggalnya Roberto Linguanto yang memberikan pengaruh besar bagi dunia pastry,” ujarnya.

Kini, Tiramisu menjadi kuliner yang mendunia. Sebagian besar kesuksesannya disebabkan oleh keahliannya sebagai koki dan hasratnya untuk menyenangkan kami, warga Venesia.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours