UI Mencari Rektor Baru, Panitia: Tidak Ada Istilah Orang Dalam Orang Luar

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Universitas Indonesia (UI) sedang memilih Rektor baru. Pendaftaran terbuka untuk masyarakat umum, tidak hanya masyarakat UI.

Baca juga: Wajib Gelar Sarjana, Ini Pilihan Pilihan Pelamar Konselor UI 2024-2029

Ketua Panitia Seleksi dan Penyaringan Calon Rektor UI (P3CR), kata Sigit Pranowo Hadiwardoyo, panitia berharap calon Rektor UI 2024-2029 tidak terjadi di UI.

Namun terlepas dari itu, katanya, pelamar dari luar UI diharapkan memenuhi persyaratan dan memiliki pengaruh serta kemampuan yang besar untuk membawa UI ke arah yang lebih baik.

Baca Juga: UI Buka Pendaftaran Calon Ketua Baru, Aturan Bagi Non-Anggota Parpol

“Tidak ada orang dalam atau orang luar,” kata Sigit dalam Podcast Sosialisasi Seleksi Calon Rektor UI 2024-2029, ditayangkan Selasa (23/7/2024).

Podcast ini dipandu oleh Kepala Humas dan Biro KIP UI Amelita Lusia. Sigit menambahkan, proses seleksi tuan rumah UI bukan sekedar permainan dimana UI memiliki calonnya sendiri.

“Tidak ada pemimpin, jagoan, dan sebagainya. Kami di panitia tentunya setelah memeriksa 20 (pelamar) mempunyai kemampuan yang sama untuk mengembangkan UI ke depan,” imbuhnya.

Baca Juga: Daftar 21 Rektor UI, dari Tokoh Independen hingga Ekonom

Sigit berharap, orang-orang yang berpotensi menjadi pemimpin UI yang memiliki ide-ide cemerlang untuk masa depan, terus mendaftar.

P3CR akan berada di garda terdepan untuk meninjau berkas pelamar, katanya, dan ujian selanjutnya akan dilakukan oleh Majelis Wali Amanat (MWA) UI.

Baca juga: Profesor Komarudin kembali diangkat menjadi Rektor UNJ periode 2023-2027

Diketahui, rombongan P3CR UI kini dipimpin oleh Ketua Sigit Pranowo Hadiwardoyo. Sedangkan anggota P3CR dari unsur fakultas adalah Albert Patrick Roring, Freddy Harris, Hening Pujasari, Rizal E. Halim, Wahyu Sulistiadi, dan Yogi Prawira.

Perwakilan staf pengajar adalah Abidin Eko Priyono dan Rintis Dosie Swastika. Bahkan Arief Budhy Hardono, Harris Susanto adalah mantan/komunitas. Alivanza Firdaus Rhufyano dan Muhammad Ali Mahdi termasuk di antara santri teladan.

Saat ini Ketua MWA UI adalah Yahya Cholil Staquf dan Sekretaris MWA UI adalah Praswati. Proyek sosial tersebut antara lain Chief Executive Officer PT Blue Bird Noni Purnomo, Chief Executive Officer PT Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh, dan lain-lain.

Masa pendaftaran pemilihan pimpinan UI dibuka hingga 3 Agustus 2024. Calon pimpinan UI diumumkan pada 9 Agustus. Proses penyaringan calon Asisten ke-20 12-22 Agustus, penyaringan calon Asisten ke-7 27 Agustus-9 September.

Penyaringan 3 calon pimpinan pada 11-18 September. Pengumuman pembicara terpilih akan dilakukan pada 26 September. Pada tanggal 4 Desember 2024, dilakukan pengangkatan dan pengambilan sumpah Presiden terpilih.

Persyaratan Pelamar UI 2024-2029

1. Warga Negara Indonesia

2. Sehat jasmani dan rohani, berpendidikan dan bergelar doktor, dokter praktek atau subspesialis

3. Jujur, jujur, jujur

4. Kreatif dalam mengembangkan kemampuan UI dan visi pendidikan tinggi yang lebih luas

5. Belum berusia 60 tahun pada saat pengangkatan menjadi CEO pada jadwal 4 Desember 2024

6. Bukan anggota partai politik atau organisasi yang mempunyai hubungan langsung dengan partai politik paling lambat 1 (satu) tahun sebelum pendaftaran

7. Tidak pernah dihukum berdasarkan keputusan akhir pengadilan

8. Keterampilan interpersonal yang kuat, keterampilan interpersonal, dan kemampuan bekerja sama dengan baik dengan berbagai pemangku kepentingan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours