Peluncuran Gerbangtara, Langkah Baru Masyarakat Persiapkan IKN

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Berbagai kelompok masyarakat sipil yang tergabung dalam Gerakan Membangun Nusantara (Gerbangtara) resmi diluncurkan. Inisiatif ini merupakan salah satu cara untuk mempersiapkan Ibu Kota Negara Republik Indonesia (IKN).

Organisasi ini merupakan kolaborasi multipihak dari sektor swasta dan organisasi masyarakat sipil yang didukung oleh berbagai departemen dan lembaga seperti Otorita Ibu Kota Nusantara, Kantor Staf Presiden, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Komunikasi dan Informatika, dan Kementerian Investasi -Mali. /BKPM.

Gatetara diluncurkan bersamaan dengan ASN Fest, program tahunan Komunitas Abdi Muda di Jakarta, pada Sabtu (3/8/2024).

Koordinator Konsorsium Gatetara Aie Natasha mengatakan, Gatetara hadir untuk menggerakkan dan mengorganisir tenaga dan bakat tanah air untuk membantu mengembangkan IKN.

Saya berharap pengembangan IKN tidak hanya bicara infrastruktur, tapi juga pembangunan manusia. “Dan saya yakin ini saat yang tepat untuk mengubah Indonesia-sentris dari sebuah ide bagus menjadi sebuah gerakan konkrit,” kata Aie.

Pakar KSP Laurentius Patria mengatakan, kehadiran Gatetara bisa menjadi hal yang baik untuk menciptakan ruang komunitas untuk saling menguatkan dan menjadi bagian penting dalam pengembangan IKN.

“Saya kira Gatetara bisa menjadi inisiatif kolaborasi yang baik dimana setiap kelompok bisa berkontribusi dengan baik,” ujarnya.

Koordinator Kelompok Strategi dan Kebijakan Komunikasi Kemenpora RI Wildanshah menambahkan, peluncuran Gatetara dan ASN Fest yang melibatkan berbagai sektor dan lembaga merupakan salah satu bentuk nyata implementasi Perpres 43 Tahun 2022 tentang Lintas Sektor. Koordinasi Strategis Pemberian Layanan Pemuda.

Soalnya kementerian yang menjadi orkestra sektor kepemudaan di Indonesia, Kemenpora mempunyai peran penting dalam menggalakkan kerja sama antar kementerian dan lembaga pemerintah, khususnya mensukseskan IKN seiring dengan peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda. . .

“Saya yakin di bulan kebebasan ini, minat generasi muda terhadap IKN akan semakin meningkat,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours