Tips MotionTrade: Kenali 3 Faktor Suspensi Saham

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – MNC Securitas merupakan perusahaan sekuritas milik MNC Group yang saat ini mayoritas sahamnya dimiliki oleh PT Motion Digital Technology dan telah meraih reputasi Perusahaan Sekuritas Terbaik dan berbagai penghargaan.

Dalam hal ini, MNC Sekuritas aktif membantu menciptakan investor baru di pasar modal dengan menawarkan berbagai instrumen investasi pasar modal seperti saham, reksa dana, obligasi dan produk derivatif lainnya.

Investor khawatir ketika berinvestasi pada saham, saham yang dimilikinya akan dihapuskan dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Suspensi saham berarti penghentian sementara perdagangan saham. Penghentian sementara saham dapat mengakibatkan wajib delisting, yaitu saham tidak dapat diperdagangkan dalam jangka waktu tertentu sehingga menimbulkan kerugian bagi investor.

Perlu diketahui, suspensi saham merupakan intervensi Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk memastikan perdagangan efek berlangsung tertib, wajar, dan efisien. Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan saham suatu perusahaan disuspensi. MotionTrade merangkum 3 (tiga) faktor penyebab suatu saham membeku:

1. Aktivitas Pasar Tidak Normal (UMA) Sebelum melakukan suspensi suatu saham, BEI akan terlebih dahulu menentukan status UMA saham tersebut. UMA adalah fungsi pergerakan yang dapat mengganggu perdagangan sekuritas ketika harga suatu sekuritas bergerak secara tidak normal selama periode waktu tertentu.

Tujuan UMA adalah untuk mengurangi pergerakan saham yang dianggap merugikan investor dan memberikan kesempatan kepada perusahaan tercatat untuk menjelaskan alasan pergerakan saham yang tidak teratur. Namun perusahaan yang terdampak UMA tidak selamanya disuspensi. Status UMA dapat dicabut jika harga saham kembali normal pada perdagangan saham berikutnya.

2. Auto Rejection yang Sering Terjadi Jika suatu saham mengalami auto reject secara terus-menerus, ini merupakan indikasi adanya masalah yang tidak biasa. Untuk menghindari manipulasi dan fluktuasi yang berlebihan atau naik turunnya harga suatu surat berharga, maka proses transaksi di bursa dilengkapi dengan sistem penolakan otomatis.

Penawaran jual atau beli dengan harga melebihi batas maksimal akan otomatis ditolak oleh sistem. Penangguhan juga dapat berlaku bagi perusahaan yang menghadapi permasalahan kronis, seperti permasalahan keuangan, sehingga kegiatan operasional perusahaan tidak dapat berjalan seperti biasanya.

3. Keterlambatan penyampaian laporan ke BEIF Alasan lain emiten terkena suspensi adalah keterlambatan penyampaian kewajiban perusahaan ke Bursa Efek Indonesia. Misalnya saja keterlambatan penyampaian laporan keuangan, keterlambatan pembayaran denda, tidak dibayarnya biaya pencatatan tahunan, tidak diungkapkannya informasi mengenai kebijakan operasional perusahaan sehingga menimbulkan rumor dan membuat pergerakan harga saham menjadi tidak normal.

Saham yang Anda miliki tidak dapat dijual jika ditangguhkan. Ada dua hal yang bisa dilakukan investor. Pertama, tunggu saham BEI kembali diperdagangkan. Kedua, menjual saham di pasar modal melalui negosiasi untuk mengurangi kerugian sebelum suspensi. Pada aplikasi perdagangan online MotionTrade, Anda dapat melihat pemberitahuan penangguhan saham di menu “Pemberitahuan Saham”.

Nikmati layanan investasi saham, reksa dana, dan obligasi dari #MNCSecuritas dengan mengunduh aplikasi MotionTrade dan jelajahi pengalaman yang lancar. Aplikasi MotionTrade dapat diunduh di Google Play Store dan Apple App Store menggunakan link download Onelink.to/motiontrade.

MNC Securitas, berinvestasilah yang terbaik!

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours