Akupuntur bisa jadi pilihan untuk memperlancar ASI

Estimated read time 2 min read

Jakarta (Antara) – Ahli Akupunktur Dr. Newanda Mochtar, Sp.Akp mengatakan akupunktur dapat menjadi salah satu rekomendasi pengobatan untuk memperlancar ASI (ASI).

“Akupunktur merupakan bagian dari pengobatan yang aman, bekerja dengan merangsang titik-titik energi di tubuh untuk meningkatkan keseimbangan fungsi organ,” kata Newanda dalam diskusi online yang digelar di RS Pondok Indah Bintaro Jaya, Kamis.

“Bagi ibu menyusui, kata dia, banyak titik akupunktur yang berperan penting dalam merangsang hormon prolaktin dan oksitosin, yang keduanya berperan langsung dalam produksi dan keluarnya ASI,” ujarnya.

Akupunktur bisa menjadi pilihan di Nevada karena aman dan dapat dilakukan oleh segala usia.

“Pada beberapa kasus seperti ibu menyusui yang mengalami infeksi payudara parah, kanker atau tumor, sebaiknya kondisi tersebut dihindari,” ujarnya.

RS Pondok Indah – Bintaro Jaya melakukan diskusi online, Dr. Dokter Spesialis Akupunktur Medis. Newanda Mochtar, Sp.Akp, Kamis (1/8/2024). Tengah/Tangkapan Layar. Meski akupunktur tidak menggunakan terapi pelengkap lainnya, namun pengobatan dapat dilakukan pada titik lain yang dapat meningkatkan produksi ASI.

Apalagi pengobatan akupunktur tidak menimbulkan efek samping. Ibu menyusui yang ingin menjalani akupunktur juga tidak memerlukan persiapan karena perawatan ini tidak hanya aman tetapi juga nyaman.

“Akupunktur yang dijalankan ini memberikan hasil yang sangat baik mempengaruhi produksi dan keputihan atau keputihan. Jadi kita berharap tidak hanya sekedar produk, tapi keluar tanpa komplikasi sehingga tidak bengkak dan nyeri,” kata Newanda.

Saya

Perawatan ini bisa dilakukan 24 jam setelah ibu melahirkan. Dokter akan memantau kemajuan pengobatan dalam 5 hingga 7 hari.

Jika jumlah ASI mencukupi, ahli akupunktur RS Pindok Indah Bintarojaya mengatakan, “Pengobatannya sudah selesai dan ibu tidak perlu mengulanginya lagi.”

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours