Manfaat mengonsumsi kacang pistachio bagi kesehatan

Estimated read time 2 min read

Jakarta (Antara) – Kacang pistachio dengan rasa yang nikmat dan sedikit manis mengandung banyak nutrisi penunjang kesehatan seperti asam amino esensial, lemak tak jenuh, serat, dan antioksidan.

Setiap ons pictia tanpa kulit dan tanpa garam mengandung 165 kalori, enam gram protein, 13 gram lemak total, dua gram lemak jenuh, delapan gram karbohidrat, tiga gram serat, dua gram gula total, 1,7 miligram natrium, 30 gram. mg magnesium, 14 mg asam folat, dan 277 mg potasium.

“Pistachio adalah sumber protein lengkap dengan sembilan asam amino esensial, mengandung lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang sehat, serta kaya serat dan antioksidan,” kata ahli gizi Taylor Berggren, MS, RTN. Minggu (4/08).

Menurut hasil penelitian, pistachio mengandung nutrisi yang membantu menjaga tekanan darah tetap normal, seperti kalsium dan magnesium.

Pistachio adalah sumber potasium alami, yang membantu melawan efek natrium dalam tubuh, meningkatkan fungsi pembuluh darah, dan membantu menjaga tekanan darah normal.

Selain itu, pistachio mengandung senyawa yang menyehatkan jantung seperti fitosterol dan antioksidan yang dapat memberikan manfaat tambahan bagi kardiovaskular.

Kacang jenis ini juga mengandung dua karotenoid. Kandungan lutein dan zeaxanthin pada pistachio berperan penting dalam perlindungan mata.

Lutein dan zeaxanthin membantu menyaring cahaya yang dapat merusak mata dan mengurangi risiko penyakit mata seperti degenerasi makula terkait usia dan kehilangan penglihatan, seperti katarak.

Makan pistachio juga bermanfaat saat mencoba menjaga berat badan. Karena kombinasi protein dan serat pada kacang-kacangan ini, orang yang mengonsumsinya akan merasa kenyang sehingga tidak makan berlebihan.

Makan 1,5 ons pistachio setiap hari selama empat bulan meningkatkan asupan serat dan mengurangi asupan makanan manis.

Mengonsumsi kacang pohon seperti pistachio juga dikaitkan dengan berkurangnya lingkar pinggang pada wanita muda, demikian temuan studi tersebut.

Selain membantu Anda mengontrol berat badan, mengonsumsi pistachio dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan meningkatkan kesehatan usus dengan kombinasi lemak sehat, protein, dan serat.

Namun, ahli diet Elizabeth Shaw, MS, R.D.N., menemukan bahwa mengonsumsi pistachio dikaitkan dengan beberapa risiko pada anak di bawah empat tahun, termasuk tersedak.

Dan, lanjutnya, mengonsumsi pistachio bisa menimbulkan ketidaknyamanan bagi penderita masalah pencernaan.

Penderita batu ginjal atau kadar kalium tinggi sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi pistachio, karena kacang ini mengandung oksalat yang dapat menyebabkan batu ginjal.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours