Mengapa Paus Fransiskus Mengundang Komedian ke Vatikan?

Estimated read time 3 min read

VATICAN CITY — Saat para pemimpin dunia berkumpul di Italia untuk menghadiri pertemuan puncak yang membahas krisis global yang parah, Paus Fransiskus mengadakan pertemuan internasional untuk menyampaikan pesannya sendiri tentang pentingnya humor.

Pemimpin Gereja Katolik mengadakan pertemuan komedi di Vatikan, mengundang Whoopi Goldberg, Jimmy Fallon, Julia Louis-Dreyfus, Chris Rock, Stephen Colbert, Conan O’Brien dan lainnya ke Vatikan.

Lebih dari 200 orang menghadiri Istana Apostolik, dan lebih dari 100 komedian dari 15 negara. Goldberg dan Louis-Dreyfus terlihat di barisan depan.

Sebelum audiensi dimulai, Fallon terlihat berjalan ke depan ruang audiensi, dan langsung meminta tempat duduk saat Paus berjalan melewati pintu.

Komedi Menyatukan Orang “Di tengah begitu banyak berita suram, dalam begitu banyak keadaan darurat sosial dan bahkan pribadi, Anda memiliki kekuatan untuk menyebarkan kedamaian dan senyuman,” kata Paus Fransiskus pada pertemuan tersebut.

“Kalian menyatukan orang-orang, karena tertawa itu menular,” katanya, seraya menambahkan bahwa ia berdoa untuk memiliki selera humor yang baik selama 40 tahun, menambahkan leluconnya sendiri dan akhirnya bertanya kepada hadirin, “Mintalah kalian berdoa.” bagi saya: karena dengan senyuman, bukan menentang!” – dan dia disambut dengan tawa dari penonton.

Mampu membuat orang tersenyum saat menghadapi masalah “Kamu berhasil membuat orang tersenyum meski sedang menghadapi masalah dan kejadian besar maupun kecil. Anda mengutuk penyalahgunaan kekuasaan; Anda mengungkapkan situasi yang terlupakan; Anda menyoroti pelanggaran; Anda menunjukkan perilaku yang tidak pantas,” tambah Paus Fransiskus.

Paus berusia 87 tahun itu mengatakan humor dapat meruntuhkan “hambatan sosial” dan membantu menciptakan “hubungan antarmanusia.”

“Meskipun komunikasi saat ini sering menimbulkan konflik, Anda tahu bagaimana mendamaikan kenyataan yang berbeda dan terkadang bertentangan. Betapa banyak yang harus kami pelajari dari Anda!” kata Paus.

Tidak Apa-apa Menertawakan Tuhan Paus Fransiskus juga mengatakan tidak apa-apa untuk “menertawakan Tuhan” sebagaimana halnya “bermain-main dan bercanda dengan orang yang kita cintai.”

Usai pidatonya, Paus menyapa seluruh komedian satu per satu dan saat meninggalkan penonton, Paus berbagi tawa dan lelucon dengan beberapa komedian, seperti Rock, Fallon dan Colbert.

“Sungguh menakjubkan,” kata Whoopi Goldberg kepada wartawan. Ketika ditanya apakah dia akan bertanya lagi kepada Paus apakah dia akan muncul di “Sister Act 3,” dia berkata: “Saya rasa ini bukan tempat yang tepat untuk membawanya, tapi saya bisa mengirim email.”

Setelah itu, Conan O’Brien berkata: “Kami semua saling memandang dan berpikir ‘ada sesuatu yang salah’. Kami berada di tempat yang indah di Vatikan dan untuk beberapa alasan mereka membiarkan komedi masuk, yang selalu merupakan kesalahan.”

Paus Fransiskus menyambut para komedian tersebut ketika para pemimpin negara-negara demokratis maju Kelompok Tujuh (G7) berkumpul untuk pertemuan puncak tiga hari di Italia selatan; di sini para komedian menghadapi masalah hukum global, termasuk bagaimana terus mendukung Ukraina setelah krisis dua setengah tahun di Rusia. infeksi. .

Paus diperkirakan menjadi pemimpin Gereja Katolik pertama yang menghadiri KTT G7 pada Jumat malam, di mana ia akan berpartisipasi dalam sesi yang didedikasikan untuk kecerdasan buatan. Di antara para pemimpin yang diperkirakan akan menghadiri pertemuan tersebut adalah Presiden Katolik AS Joe Biden, yang memiliki hubungan hangat dengan Paus Fransiskus.

Keterlibatan dengan Budaya Kontemporer Pertemuan Paus Fransiskus dengan “seniman dari dunia humor” pada hari Jumat adalah bagian dari upaya terbarunya untuk terlibat dengan budaya kontemporer, dan Vatikan mengatakan pertemuan tersebut menggarisbawahi “bagaimana seni komedi dapat berbuat lebih baik.” untuk memberikan kontribusi yang lebih simpatik dan suportif.”

Ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan bersejarahnya ke Venice Biennale dan pertemuan dengan seniman dan sutradara di Vatikan tahun lalu. Pertemuan itu juga terjadi ketika Paus menghadapi pertanyaan tentang penjangkauannya terhadap umat Katolik LGBTQ+ setelah dia dilaporkan menggunakan kata-kata hinaan dalam pertemuan pribadi.

Anggota kontingen AS lainnya termasuk Tig Notaro, Jim Gaffigan, dan beberapa umat Katolik di antaranya: Baik Gaffigan dan Colbert diidentifikasi sebagai Katolik, sementara Fallon dan O’Brien dibesarkan di Gereja Katolik.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours