Kaesang Berpotensi Menang Pilkada Jateng, Ini Sejumlah Indikator Pendukung

Estimated read time 1 min read

JAKARTA – Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep berpotensi besar menang jika mengikuti Pilkada Jawa Tengah (Jateng) 2024 dari Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Faisal Chaniago, Guru Besar FISIP Universitas Bung Karno, mengatakan banyak faktor yang membuat Kaesang berpeluang menang di Pilkada Jawa Tengah 2024.

“Kalau Kaesang didukung Partai KIM, potensi menangnya besar. Karena mesin partai banyak yang bekerja. Bukan hanya PSI,” kata Faisal Chaniago, Minggu (7/7/2024).

Selain itu, ia mengungkapkan secara tidak langsung pengaruh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi variabel yang bisa mempengaruhi elektabilitas Kaesang. Hal ini terlihat dari hasil survei LSI.

Terpilihnya Kaesang mengungguli Irjen Pol Jateng Ahmad Luthfi. Dimana Kaesang 15,9 persen, sedangkan Ahmad 12,9 persen.

“Efek tidak langsung dari Jokowi juga menjadi variabel yang bisa mempengaruhi elektabilitas Kaesang. Sebab, tingkat kepuasan masyarakat termasuk masyarakat Jawa Tengah terhadap pemerintahan Jokowi cukup baik,” ujarnya.

Kaesang yang merupakan warga Solo, jelas Faisal, memiliki kedekatan budaya dengan warga Jawa Tengah. Otomatis, lanjutnya, akan ada keterkaitan budaya psikologis antara masyarakat dengan Kaesang.

Dan terakhir, jelasnya, Kaesang baru saja terjun ke dunia politik. Berdasarkan sejarahnya, Kaesang tidak memiliki kesalahan dalam berpolitik. Nama Kaesang cukup bagus, tidak ada kesalahan politik selama ia terjun di dunia politik, tegasnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours