Bordeaux bangkrut dan jadi klub amatir

Estimated read time 2 min read

JAKARTA dlbrw.com – Klub Liga Prancis Bordeaux akan berlaga di liga yunior setelah mengajukan pailit pada Kamis (25/7) waktu setempat.

Tim yang bermarkas di Matmut-Atlantique di barat daya Prancis ini telah enam kali memenangi gelar Ligue 1, yang terakhir pada tahun 2009.

“Klub telah mengajukan pailit ke Pengadilan Niaga Bordeaux untuk memulai restrukturisasi,” demikian pernyataan resmi klub, dilansir dari AFP.

Mereka mengatakan: “Klub terpaksa membatalkan niatnya untuk mempertahankan status profesionalnya karena berisiko ‘sanksi berat’ jika mengajukan rencana restrukturisasi yang tidak mencerminkan realitas keuangan di masa depan.”

Sebelum bangkrut, klub yang didirikan pada tahun 1881 dengan nama Girondins itu membutuhkan 40 juta euro untuk menyeimbangkan pembukuan keuangannya.

Pemilik Liverpool Fenway Sports Group (FSG) tertarik membeli Bordeaux, namun investor Amerika membatalkan minat mereka awal bulan ini.

Bordeaux terdegradasi ke Ligue 2 pada 2022 karena masalah keuangan, hanya 12 tahun setelah mencapai perempat final Liga Champions.

Walikota Bordeaux Pierre Humic mengkritik kepemimpinan Gerard Lopez sang pemilik klub dan ketidakmampuannya mengelola Bordeaux.

“Saya tahu keputusan pribadi yang diambil Gerald Lopez secara tiba-tiba,” kata Pierre Humik kepada AFP.

Walikota Bordeaux menambahkan: “Ini memastikan manajemen risiko kenaikan klub kami dari Ligue 1 ke level amatir dalam tiga tahun.”

Sebelum PSG mendominasi Liga Prancis, Bordeaux merupakan salah satu klub papan atas Ligue 1.

Girondin diperkuat oleh pemain-pemain ternama dunia seperti Zinedine Zidane, Bixent Lizarazu, Christophe Dugarry, dan gelandang Real Madrid Aurelian Chuameni Strength.

“Seperti semua orang yang mencintai klub ini, saya merasa sangat sedih,” kata pemenang Piala Dunia 1998, Bixente Lizarazu.

Sayangnya apa yang terjadi adalah akibat buruknya manajemen sepak bola dan manajemen keuangan selama bertahun-tahun, tambahnya.

Salah satu dampak kebangkrutan klub adalah penutupan sekolah sepak bola dan pemutusan kontrak pemain profesional.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours