Canggih! Alat Pelacak Nyamuk Buatan Israel, Anti Kabur

Estimated read time 1 min read

JAKARTA – Nyamuk ahlinya menghindar di dalam ruangan. Alat pelacak nyamuk anti kabur telah dibuat.

Alat pelacak nyamuk bernama Iris diciptakan oleh startup Israel Bzigo. Pengembangan dimulai pada tahun 2020 dalam bentuk prototipe. Kini, perangkat ini sudah tersedia secara komersial.

New Atlas melaporkan Senin (8/5/2024) Iris menggunakan kamera sudut lebar dan perangkat lunak computer vision untuk terus memindai ruangan tempat nyamuk terbang. Ada juga rangkaian LED inframerah yang memungkinkan perangkat ini memindai dalam gelap.

Kecerdasan buatan yang dibangun pada Iris berarti ia tidak tertipu oleh jenis serangga terbang kecil lainnya, seperti ngengat, atau partikel debu di udara. Setiap kali ada nyamuk terdeteksi, Iris melacak posisinya hingga hinggap.

Perangkat kemudian menandai lokasi tersebut dengan penunjuk laser merah yang aman untuk mata. Proses ini juga memberi tahu pengguna nirkabel melalui aplikasi iOS/Android di telepon. Jika lebih dari satu nyamuk terdeteksi sekaligus, Iris akan menggerakkan penunjuknya bolak-balik di antara semua lokasi nyamuk tersebut.

Selain itu, Iris dapat dipasang di beberapa ruangan yang terhubung dalam satu telepon. Setelah peringatan nyamuk dikeluarkan, pengguna dapat menindaklanjutinya.

Iris saat ini dijual di situs perusahaan Bzigo dengan harga US$339 atau Rp 6,4 juta.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours