India siap jadi tuan rumah MotoGP hingga musim 2027

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Sirkuit Internasional Buddd akan menjadi tuan rumah Grand Prix India musim 2027.

Pernyataan resmi dari MotoGP yang dikutip Kamis menegaskan bahwa GP India akan masuk dalam kalender 2025-2027 menyusul kesepakatan baru antara World Motorcycle Championship dan lembaga negara bagian Uttar Pradesh, Invest UP.

Upaya tersebut merupakan lanjutan debut India di kalender MotoGP 2023.

“Kami sangat senang bisa menandatangani perjanjian baru ini secara langsung dengan Pemerintah Uttar Pradesh,” kata CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta.

“Grand Prix India perdana sukses besar dan membawa nilai besar bagi MotoGP dan wilayah tuan rumah kami, Uttar Pradesh. Jadi sangat menyenangkan kita bisa melakukannya bersama-sama di masa depan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ezpeleta menilai India merupakan pasar penting bagi MotoGP.

Ada lebih dari 200 juta sepeda motor di jalan raya di negara berpenduduk lebih dari 1,4 miliar orang ini. Transportasi sepeda menyumbang sekitar 75% dari total jumlah mobil yang digunakan setiap hari.

Selain itu, India adalah pasar global utama bagi MotoGP, produsen sepeda motor, dan banyak mitra lainnya.

India juga memiliki penonton MotoGP yang mapan, yang akan terus bertambah di musim-musim mendatang.

Selanjutnya: Grand Prix perdana

Tahun lalu, lebih dari 100.000 penggemar menghadiri upacara pembukaan Grand Prix yang diadakan di Buda untuk menyaksikan sejarah baru negara ini.

“India adalah pasar yang penting bagi MotoGP, dengan penonton balapan yang sehat dan stabil, dan kami tahu kami dapat mengembangkannya secara eksponensial,” kata Ezpeleta.

“Ratusan juta sepeda digunakan di seluruh negeri setiap hari, hal ini penting bagi pabrikan kami dan olahraga itu sendiri karena MotoGP adalah puncak dari bersepeda,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Utama dan Komisaris Pembangunan Infrastruktur dan Industri, Pemerintah Uttar Pradesh, Manoj Kumar Singh mengatakan perpanjangan kontrak merupakan langkah baik untuk lebih mendorong kesuksesan industri olahraga dan sepeda motor di seluruh negeri.

“Membawa MotoGP ke Uttar Pradesh tidak hanya akan mengangkat negara kita di arena olahraga global, namun juga memberikan pertumbuhan ekonomi yang signifikan melalui pariwisata, perhotelan dan sektor terkait,” kata Singh.

“Acara ini akan menarik pengunjung dari seluruh dunia dan menyoroti kehebatan Uttar Pradesh dalam menyelenggarakan acara olahraga kelas dunia,” katanya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours