Lebih Pintar dan Canggih, Google Lens Semakin Mempermudah Hidup Manusia

Estimated read time 4 min read

CUPERTINO – Fitur Google Lens seperti Circle to Search tersedia di Google Chrome. Pengguna akan melihat ikon lensa di bilah alamat Chrome.

Seperti dilansir CNET, pengguna dapat memilih bagian layar yang berisi konten yang ingin dicari dengan mengklik. Lens akan terbuka dan menampilkan hasil pencarian yang relevan.

Karena didukung oleh kecerdasan buatan (AI), pengguna dapat memfilter pencarian dengan memberikan konteks lain, seperti mengubah warna.

Ia juga dapat memberikan jawaban atas pertanyaan matematika yang muncul di layar. Semua fitur ini sama seperti Circle to Search yang dapat berfungsi pada Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6 saat ini.

Selain itu, ada fitur perbandingan tab di Chrome. Jika Anda membuka tiga tab di speaker, Chrome mungkin meminta Anda membandingkan ketiganya di tab perbandingan baru.

Terakhir, fitur AI membantu pengguna Chrome menemukan kembali situs yang dikunjungi sebelumnya. Pengguna dapat mengajukan pertanyaan tentang halaman yang dikunjungi sebelumnya di tab Riwayat Pencarian.

Pertanyaan dapat dibuat seolah-olah Anda sedang berbicara dengan seseorang, dan kemudian Chrome akan memberikan tautan terkait pertanyaan yang Anda ajukan.

Sebelum kita mendalami lebih dalam tentang fitur-fitur Google Lens, ada baiknya kita mengetahui apa itu Google Lens.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Google Lens merupakan fitur canggih yang dikembangkan oleh Google berbasis kecerdasan buatan atau dikenal dengan AI. Teknologi canggihnya dirancang untuk memudahkan akses pengguna terhadap informasi.

Fitur ini memungkinkan pengguna mendapatkan informasi yang dapat ditindaklanjuti menggunakan deteksi visual berdasarkan kamera perangkat ponsel atau gambar yang disimpan di galeri.

Berkat kemudahan yang diberikan aplikasi ini, pengguna kini dapat menjalani kehidupan sehari-hari dengan lebih efektif dan efisien. Seharusnya tidak sulit bagi setiap pengguna untuk menemukan informasi yang mereka temukan secara visual, karena fungsi Google Lens akan menjadi solusi sebagai bantuan yang diperlukan dalam sekejap.

Meskipun aplikasi ini telah memberikan kemudahan bagi penggunanya, namun akan terasa sia-sia jika tidak digunakan secara maksimal.

Oleh karena itu, Anda perlu memberi perhatian khusus pada opsi dan fungsi yang disediakan oleh program ini.

Dengan pemahaman yang baik tentang berbagai fitur Google Lens, pengguna dapat merasakan semua manfaat dari aplikasi ini.

1. Temukan informasi harian dengan cepat

Fitur Google Lens pertama yang banyak digunakan pengguna adalah mengandalkannya sebagai sarana memperoleh informasi tentang objek sehari-hari yang dilihatnya.

Anda sering kali merasa penasaran ketika melihat sesuatu di sekitar Anda, baik itu bangunan yang menakjubkan maupun monumen yang indah.

Di sisi lain, Anda ingin mengetahui nama merek, sejarah atau bahkan manfaatnya. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan Google Lens untuk menemukan informasi ini dengan cepat.

Biasanya, berbagai sumber akan ditampilkan sehingga Anda dapat memilih informasi mana yang akan dibaca.

2. Pencarian informasi medis

Google Lens juga dapat digunakan sebagai alat bagi mereka yang ingin mencari informasi medis umum. Misalnya ketika Anda mempunyai masalah pada kulit Anda dari segi gambar, disebut juga gambar, fitur

Google Lens dapat dengan mudah memberikan informasi mengenai masalah kulit yang Anda alami. Oleh karena itu, Google Lens tidak hanya berfungsi sebagai alat identifikasi objek, tetapi juga sebagai alat yang berguna dalam konteks medis.

Namun, Anda tetap harus memeriksakan diri ke dokter jika mengalami masalah kulit. Perlu diingat bahwa informasi yang diberikan biasanya berdasarkan jurnal atau teori medis, bukan tindakan langsung yang diambil oleh dokter, sehingga tetap penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Informasi yang diberikan oleh Google Lens sendiri hanya untuk tujuan pencegahan.

3. Kesederhanaan terjemahan bahasa asing

Fitur Google Lens lainnya yang bisa dimanfaatkan pengguna adalah kemampuannya untuk lebih mudah memahami bahasa asing yang mungkin mereka temui.

Misalnya, ketika pengguna bepergian ke luar negeri, seringkali sulit memahami bahasa yang tidak digunakan sehari-hari. Hal ini dapat mempersulit pemahaman rambu jalan atau menu makanan.

Namun dengan Google Lens, pengguna tidak perlu khawatir. Aplikasi ini akan membantu Anda menerjemahkan kata atau kalimat asing dengan mendeteksi gambar.

Selain itu, Google Lens memiliki kemampuan menerjemahkan lebih dari 100 bahasa secara instan, menjadikan pengalaman perjalanan Anda lebih lancar dan menyenangkan.

4. Membantu menyelesaikan tugas sekolah

Bagi pelajar, fitur Google Lens sebenarnya bisa digunakan oleh mereka yang kesulitan mengerjakan tugas sekolah. Ini termasuk mata pelajaran seperti matematika, sains atau sejarah. Google Lens adalah solusi yang nyaman. Fitur Bantuan Pekerjaan Rumah yang disediakan Google Lens memungkinkan pengguna menyelesaikan tugasnya dengan lebih efisien.

Cukup dengan mengambil foto atau mengarahkan kamera ke objek yang ingin Anda selesaikan, aplikasi ini memberikan instruksi yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan. Selain itu, pengguna tidak perlu khawatir dengan bahasa yang digunakan karena Google Lens mendukung banyak bahasa. Pengguna hanya perlu menyesuaikan preferensi bahasanya dan Google Lens akan memberikan penjelasan yang sesuai dengan bahasa yang dipilih.

5. Dapatkan produk dengan mudah

Tak kalah penting bagi pengguna yang ingin memanfaatkan fitur Google Lens dan menjelajahi dunia belanja. Dengan menggunakan kamera perangkat, pengguna dapat dengan mudah mengidentifikasi produk yang menarik apakah produk tersebut sama persis atau serupa.

Jika pengguna menginginkan variasi produk, mereka dapat menambahkan informasi tambahan, seperti warna atau corak, dengan memasukkan foto atau mengidentifikasi elemen visual dari barang yang diinginkan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours