Satlantas Polres Jakbar sosialisasikan Operasi Patuh Jaya 2024

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (ANTARA) – Divisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Metro Jakarta Barat pada Minggu mengirimkan komunikasi sosial pelaksanaan “Operasi Patuh Jaya 2024” kepada warga dan pihak terkait, termasuk pegawai kantor lalu lintas setempat di Kengwangan, Jakarta Barat. Informasi.

Operasi Patuh Jaya akan dimulai pada 15 Juli hingga 28 Juli 2024 dan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas.

“Ada 14 sasaran operasi dalam Operasi Patuh Jaya 2024 dan ini yang akan menjadi sasaran utama operasi ini,” kata Kapolres Metro Jakarta Barat Ridha Aditya.

Yang pertama adalah berkendara melawan arus, yaitu berkendara dalam keadaan mabuk, menggunakan telepon genggam (ponsel) saat berkendara, tidak menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI), tidak menggunakan sabuk pengaman, dan ngebut.

Selain itu, kendaraan yang dikemudikan oleh anak di bawah umur atau tanpa Surat Izin Mengemudi (SIM), dengan banyak penumpang, serta kendaraan roda empat atau lebih yang tidak layak pakai di jalan raya. Kendaraan roda dua atau roda empat tanpa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan melanggar rambu-rambu jalan.

Kemudian memasang alat pemintal dan sirene yang tidak boleh digunakan, menggunakan pelat nomor atau Nomor Tanda Kendaraan Bermotor (TNKB) palsu, dan menertibkan parkir liar.

Ridha menekankan pentingnya kerja sama dan koordinasi antara Polres Metro Jakarta Barat dan Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Barat dalam menjalankan tugas tersebut.

Operasi Patuh Jaya 2024 tidak hanya sekedar penindakan hukum, namun juga upaya edukasi dan pencegahan pelanggaran lalu lintas yang dapat membahayakan keselamatan pengguna jalan, ujarnya.

Ridha mengatakan, sosialisasi juga dilakukan untuk memberikan pemahaman yang lebih luas kepada pegawai Sudinhub mengenai metode pelaksanaan operasional dan tujuan tindakan utama.

“Seluruh pegawai diharapkan dapat menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya dan seefisien mungkin, dengan penuh pemahaman,” ujarnya.

Ridha juga mengajak masyarakat Jakarta Barat untuk menaati peraturan lalu lintas dan mendukung aksi “Patuh Jaya 2024”.

“Keselamatan jalan raya adalah tanggung jawab kita bersama. Kami akan menciptakan lingkungan lalu lintas yang tertib dan aman bagi semua orang.”

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours