Pemprov Jakarta resmi canangkan PIN Polio 2024

Estimated read time 2 min read

Jakarta (Antara) – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencanangkan Pekan Peduli Kanker 2024 untuk anak usia 0-7 tahun bertepatan dengan Hari Anak Nasional pada Selasa.

PIN Polio di DKI Jakarta dilaksanakan dalam dua putaran, dengan jumlah anak yang menerima dosis ganda oral sedikitnya 181.930 anak dari total 1.209.303 anak. Target tiap dosisnya adalah 95 persen.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Asisten Sosial Sekretariat Daerah (Askesra) Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliyawati mengatakan, pihaknya telah menyiapkan beberapa strategi seperti yang dilakukan di RPTRA, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), sekolah, dan tempat wisata. Dan seterusnya.

Lalu ada Sumber Daya Manusia (SDM) Dinas Kesehatan yang berencana menerapkan Pin Polio di seluruh Kota Jakarta untuk mencapai tujuan setiap putarannya, kata Ellie.

Pin Polio dilaksanakan dalam dua putaran. Putaran pertama akan dilaksanakan pada tanggal 23 Juli hingga 3 Agustus 2024. Kali ini yang kedua akan dilaksanakan pada tanggal 6 hingga 17 Agustus 2024.

Ani Raspitawati, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, mengatakan Pin Polio merupakan upaya pencegahan Program Khusus (KLB) poliomielitis (penyakit virus polio) di Indonesia.

Meskipun tidak ada kasus polio di Jakarta, program ini masih perlu memberikan vaksin polio dalam jumlah besar.

Berdasarkan penilaian risiko standar WHO, Provinsi DKI Jakarta termasuk dalam kategori risiko tinggi penularan polio, ujarnya.

Selain itu, karena laju perpindahan penduduk di DKI Jakarta sangat tinggi, maka arus penduduk dari provinsi lain ke Jakarta sangat terbuka sehingga perlu diberikan respon vaksin.

“Tentunya dengan banyaknya sosialisasi, kita berharap DKI Jakarta bisa bebas dan memutus penularan polio,” kata Ani.

Penerapan PIN Polio di Jakarta tidak hanya terfokus pada Posyandu, Puskesmas, Rumah Sakit, dan kawasan layanan kesehatan lainnya, namun juga pada RW, RPTRA, kantor PAUD, tempat ibadah, kawasan wisata, dan tempat berkumpulnya anak-anak. Seperti taman bermain, pasar, dan pusat perbelanjaan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours