Presiden Korsel akan temui Direktur Intelijen AS bahas Korut-Rusia

Estimated read time 1 min read

SEOUL (ANTARA) – Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yul berencana bertemu dengan Direktur Intelijen Nasional AS Avril Haines pada Jumat, menurut beberapa sumber, di tengah meningkatnya kekhawatiran atas kesepakatan militer Rusia dengan Korea Utara.

Selama pertemuan di kantor Yoon, kedua belah pihak kemungkinan akan bertukar pandangan mengenai perjanjian kemitraan strategis komprehensif antara pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Rusia Vladimir Putin, dan membahas upaya bersama untuk mengatasi meningkatnya hubungan militer antara Pyongyang dan Moskow.

Yoon dan Haines juga dapat mendiskusikan kemungkinan Korea Selatan memasok senjata ke Kiev, karena Seoul sebelumnya mengatakan akan mempertimbangkan kembali larangan memasok senjata mematikan ke Ukraina setelah penandatanganan perjanjian militer antara Kim dan Putin.

Pekan lalu, Putin melakukan kunjungan luar biasa ke Pyongyang dan menandatangani perjanjian militer dengan Kim yang menawarkan bantuan militer segera jika salah satu dari mereka diserang, sehingga membuat pihak berwenang Korea Selatan dan AS waspada.

Sumber: Yonhap-Awana

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours