Pasar Tablet Global Tumbuh 18 Persen, Kenaikan Terbesar Setelah Pandemi

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Pada kuartal II tahun 2024, pengiriman tablet global meningkat sebesar 18% tahun ke tahun (year-on-year). Jumlahnya mencapai 35,9 juta kopi. Hal ini menurut data terbaru Canalys.

“Industri tablet sangat positif pada paruh pertama tahun 2024. “Sisa tahun ini akan lebih tenang setelah tahun 2023 yang penuh tantangan,” kata analis Canalys, Kieren Jessop.

Apa yang membuat orang membeli tablet?

“Peningkatan penjualan tablet ini serupa dengan yang terjadi selama epidemi. “Inovasi tambahan seperti teknologi layar dan fungsi AI terintegrasi mendorong minat konsumen, terutama terhadap tablet kelas atas,” kata Kiren.

Pasar tablet di Tiongkok telah menunjukkan pertumbuhan luar biasa berkat strategi promosi agresif yang meningkatkan penetrasi tablet di negara tersebut.

Vendor Tiongkok juga berekspansi ke pasar seperti Timur Tengah dan Eropa Tengah dan Timur. Di India, kompetisi pendidikan pemerintah telah meningkatkan permintaan akan tablet.

Pada kuartal kedua tahun 2024, Apple mempertahankan kepemimpinannya di pasar tablet global, mengirimkan 13,9 juta iPad dan mengamankan 39% pangsa pasar.

Samsung tumbuh 13% YoY menjadi 6,8 juta unit, didorong oleh kuatnya penjualan model andalannya dan meningkatnya permintaan di pasar negara berkembang di kawasan Asia-Pasifik.

Huawei berada di peringkat ketiga, mengirimkan 2,5 juta unit dan menghasilkan pertumbuhan YoY yang kuat sebesar 51%. Terutama didorong oleh permintaan di Tiongkok dan Timur Tengah.

Lenovo menduduki peringkat keempat dengan pengiriman 2,5 juta unit dan pertumbuhan 16% dari tahun ke tahun seiring dengan penguatan kehadirannya di sebagian besar pasar global.

Xiaomi melengkapi posisi lima besar, mengungguli Amazon dengan pertumbuhan signifikan sebesar 106% dari tahun ke tahun dan pengiriman 2,1 juta unit.

Penjual tablet terbesar di dunia. 1. Apple (pangsa pasar 38,7%), naik 18,5%

2. Samsung (18,9%), meningkat 12,7%

3. Huawei (7%), meningkat 50,8%

4. Lenovo (6,9%), naik 16,3%

5. Xiaomi (6,0%), naik 106,4%

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours