Bupati minta setiap tempat di Tabanan jadi destinasi wisata

Estimated read time 2 min read

Tabanan (ANTARA) – Raja Tabanan, Bali, I Komang Gede Sanjaya mengimbau semua pihak menjadikan setiap tempat di Kabupaten Tabanan sebagai destinasi wisata.

“Setiap tempat sudah dijadikan destinasi wisata, bisa dibeli, masyarakat tinggal beli (kemana perginya) beli lontong, makanan Bali, minuman dan lain sebagainya,” kata Sanjaya saat pembukaan Festival Jatiluwih 2024. di Tabanan. Bali, Sabtu.

Sanjaya mengatakan dengan memanfaatkan sumber daya alam yang kita miliki maka perekonomian masyarakat akan sangat terdampak.

Menurutnya, masyarakat hendaknya memanfaatkan kekayaan warisan nenek moyangnya.

Ketika suatu daerah menjadi tujuan wisata, maka pemerintah Kabupaten Tabanan mendorong berbagai event seperti festival untuk menarik wisatawan.

“Pemerintah Kabupaten Tabanan mengapresiasi semua festival, festival desa populer di kota Tabnan, festival desa karena desanya menyenangkan wisatawan,” kata Sanjaya.

Ia mengetahui hampir semua hal alam dipadukan dalam sebuah festival sebagai pertunjukan kekayaan Tabnan, salah satunya adalah festival Jatuluwih yang mengambil sejarah persawahan dan sejarah setelah Subak.

Menurut informasinya, beberapa festival desa ada yang menggunakan atraksi wisata seperti gunung, sawah, pantai, dan danau, namun tidak menggunakan sungai.

Saat ini, Sanjaya menilai wilayah yang dipimpinnya memiliki keindahan dan kekayaan sungai yang mengalir dari perbatasan Mengwi Badung hingga Desa Soka Tabanan.

“Ada 34 sungai yang indah, suatu saat ada festival sungai, ada sawah, dan danau gunung, selalu ada festival,” ujarnya.

“Sumber air kita bagus, ke depan juga ada wisata arung jeram, ada jembatan yang diperbaiki, banyak orang mandi dan mengecat di sana, begitulah,” kata Sanjaya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours