Satu Almamater dengan Jokowi, Ini 15 Pejabat Pemerintah Lulusan UGM

Estimated read time 4 min read

JAKARTA – PNS yang telah menyelesaikan studinya di UGM berjumlah 15 orang. Tak hanya Presiden Jokowi, beberapa menteri dan pimpinan organisasi juga merupakan alumni PTN di Yogyakarta.

Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia yang telah mendapat pengakuan internasional.

Baca juga: Mengapa Putri Ariani Pilih Kuliah di Fakultas Hukum UGM? Tujuan mulia inilah yang menjadi alasannya

Banyak alumni ternama di kampus yang saat ini dipimpin oleh Rektor Ova Emilia yang telah aktif di segala bidang, baik nasional maupun internasional.

Inilah 15 pejabat pemerintah yang menyelesaikan studinya di UGM, menurut berbagai sumber.

PNS lulusan UGM1 berjumlah 15 orang. Presiden Joko Widodo (Jokowi) Jokowi merupakan alumnus Fakultas Kehutanan UGM lulusan tahun 1985. Ia pernah menjadi mahasiswa UGM pada tahun 1980-an.

2. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Airlangga Hartarto yang juga Ketua Umum Partai Golkar ini merupakan lulusan SMA Kolese Kanisius dan juga lulusan Jurusan Teknik Mesin UGM.

3. Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy

Muhadjir Effendy menjabat mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sejak 2016.

Baca juga: Kisah Ulfa Alumni SMK Carvers Sons Lulusan Magister UGM dengan IPK 3,89

Selain itu, beliau juga menjabat Rektor Universitas Muhammadiyah Malang. Tokoh di lingkungan Muhammadiyah ini menyelesaikan studi tingginya di UGM dengan gelar Magister Administrasi Publik pada tahun 1996.

4. Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno

Pratikno menjabat Rektor UGM pada tahun sebelumnya 2012-2014. Pratikno lulus dari Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UGM pada tahun 1985.

5. Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung

Beliau menempuh pendidikan S1 di Jurusan Teknik Pertambangan Institut Teknologi Bandung dan lulus pada tahun 1988. Setelah itu melanjutkan studi Magister Manajemen di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta hingga tahun 1992. Sebelum diangkat menjadi Sekretaris Kabinet, Pramono Anung sudah lebih dulu menjabat. seorang anggota. DPR selama empat periode hingga tahun 2019.

6. Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi

Mantan duta besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda telah ditunjuk sebagai Menteri Luar Negeri perempuan pertama di negara tersebut. Retno mengenyam pendidikan di Jurusan Hubungan Internasional Fisipol Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

7. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi

Budi Karya Sumadi menjabat Menteri Perhubungan sejak 2016 menggantikan Ignasius Jonan. Pria yang ikut serta dalam proyek pembangunan daerah sekitar Jakarta ini merupakan jebolan Jurusan Arsitektur UGM.

8. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono

Menteri menimba ilmu di UGM yang dijuluki Presiden Joko Widodo “Daendels Baru”. Setelah itu melanjutkan studinya di Colorado State University, AS.

9. Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo

Sebelum menjadi Direktur Utama BKKBN, Hasto merupakan Gubernur Kulon Progo yang menjabat pada tahun 2011-2016 dan 2016-2019. Di UGM, beliau lulus dari Fakultas Kedokteran, lulus pada tahun 1989. Hasto juga menempuh pendidikan Spesialis 1 dan Spesialis II di Fakultas Kedokteran UGM.

10. Kepala Arsip Republik Indonesia (ANRI) Imam Gunarto

Imam Gunarto merupakan alumnus Fakultas Sastra UGM Sarjana Sastra Nusantara. Pria kelahiran Cilacap ini melanjutkan studi dan mendapatkan gelar Magister Humaniora dari Fakultas Ilmu Budaya Undip.

11. Kepala Kelompok Informasi Geospasial (BIG) Muh Aris Marfai

Pria kelahiran Klaten ini menyelesaikan studi S1 ​​Geografi Fisika Jurusan Geografi UGM. Setelah itu, ia melanjutkan studinya ke luar negeri.

Baca juga: Viral! Perempuan yang telah menyelesaikan pendidikannya di UGM siap bekerja di bidang kebersihan di Australia, sepertinya hal ini yang menjadi alasannya

Mendapat gelar Master of Science (M.Sc.) dari ITC (International Institute for Geo-Information Science and Earth Observation), University of Twente, Enschede, Belanda (2001–2003).

Doktor Geografi dan Bencana Alam (Dr.rer.nat) di Justus-Liebig-Universitaet, Giessen, Jerman (2005 – 2008), dan mendapat gelar Profesor/Profesor dalam bidang Geomorfologi Kecelakaan pada bulan September 2013, pada tahunnya . 37

12. Kepala Badan Cuaca, Iklim dan Geofisika (BMKG) Prof. Dwikorita Karnawati

Wanita kelahiran Yogyakarta 6 Juni 1964 ini mendapat gelar sarjana teknik geologi dari UGM pada tahun 1988. Rita melanjutkan studinya di Inggris yang juga merupakan Rektor UGM.

Beliau meraih gelar Magister Teknik dan PhD di bidang Ilmu Bumi dari Universitas Leeds.

13. Pj Presiden BKN Haryomo Dwi Putranto

Haryomo Dwi Putranto lulus dengan gelar S1 Administrasi Publik dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta pada tahun 1991. Kemudian melanjutkan studi Magister Jurusan Hukum di UGM dan lulus pada tahun 2006.

14. Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Lucia Rizka Andalusia

Rizka Andalusia adalah Kepala BPOM dan Direktur Jenderal Obat dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan. Beliau merupakan lulusan Farmasi Université Airlangga dan lulus dari UGM.

15. Kepala Badan Standar Nasional (BSN) Kukuh S. Achmad

Lahir di Purbalingga, Jawa Tengah, Kukuh lulus dengan gelar Sarjana Farmasi dari UGM pada tahun 1988. Ia melanjutkan studi profesionalnya sebagai apoteker di UGM pada tahun 1989. Ia belajar di sana Kukuh di Inggris, terutama di Humberside University pada tahun 1994.

15 pejabat pemerintah lulusan UGM. Saya harap informasi ini bermanfaat.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours