4 Tips Pilih Jurusan Kuliah di SIMAK UI 2024, Penting Ketahui Daya Tampung!

Estimated read time 3 min read

DEPOK – Berikut 4 tips memilih spesialisasi di SIMAK HÍ 2024 yang bisa Anda praktikkan. Pendaftaran Seleksi Masuk Universitas Indonesia 2024 (SIMAK HÍ) masih dibuka untuk program pendidikan sarjana dan profesi.

Ujian Simak HÍ 2024 baru akan dilaksanakan pada tanggal 14 Juli 2024 dan diumumkan hasilnya pada tanggal 26 Juli 2024. Artikel ini akan membahas 4 Tips Memilih Keahlian di SIMAK HÍ 2024, Simak!

4 Tips Sukses Memilih Program Magister SIMAK HÍ 2024

1. Tentukan program reguler atau paralel.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memutuskan apakah Anda ingin mengikuti program reguler atau paralel. Studi reguler biasanya memiliki hasil yang lebih tinggi dan biaya pelatihan yang lebih rendah dibandingkan dengan studi paralel.

Namun, studi paralel mungkin merupakan pilihan yang baik jika Anda ingin meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan spesialisasi yang relevan.

2. Membuat daftar spesialisasi berdasarkan minat dan kemampuan.

Kemudian buatlah daftar jurusan yang ingin Anda lamar. Pastikan untuk mempertimbangkan minat dan bakat, serta kemampuan dan tingkat persaingan dalam spesialisasi tersebut. Mengetahui kemampuan dan jumlah pemangku kepentingan dapat membantu Anda mengambil keputusan yang lebih realistis dan strategis.

3. Pilih spesialisasi terkait atau dalam fakultas yang sama.

Memilih jurusan yang terkait atau bagian dari departemen yang sama dapat meningkatkan peluang Anda untuk diterima. Misalnya, jika Anda tertarik pada bidang teknik, pilihlah beberapa jurusan teknik yang terkait. Hal ini juga akan memudahkan Anda jika ingin mengambil program pascasarjana di kemudian hari.

4. Jangan pesimis dengan pilihan akhir Anda.

Penting untuk tidak pesimis dengan pilihan akhir spesialisasi Anda. Peluang Anda diterima untuk setiap pilihan pada dasarnya sama jika Anda mempersiapkan diri dengan baik. Tetap fokus dan berusaha semaksimal mungkin di setiap tahapan proses seleksi.

Persyaratan Pendaftaran SIMAK UI 2024

1. Untuk mendaftar SIMAK HÍ, S1 harus memiliki nomor peserta UTBK 2024, dan pelamar D3 dan D4 tidak perlu mengisi nomor UTBK.

2. Pelamar SIMAK UI RPL, Profesi, Spesialis, Magister dan PhD harus memiliki salinan resmi ijazah dan transkrip nilai serta hasil TPA/TOEFL.

3. Mahasiswa SIMAK HÍ RPL, mahasiswa profesi, ahli, magister, dan doktoral yang menempuh pendidikan di luar negeri harus memiliki ijazah Dikti yang setara.

4. Kandidat S1 SIMAK UI Internasional harus memiliki sertifikat TOEFL/IELTS. Formulir TOEFL yang disertifikasi oleh ETS (skor ITP min. 500 atau skor iBT min. 61 atau skor CBT min. 173) atau IELTS dengan skor minimal 5.5 diterima.

Jadwal Penting SIMAK UI 2024

• SIMAK HÍ SI dan pendaftaran kerja, 21 Juni – 10 Juli 2024.

• SIMAK HÍ S1 dan ujian profesi: 14 Juli 2024

• Pemberitahuan Pelatihan S1 dan Vokasi SIMAK UI: 26 Juli 2024

• Pendaftaran kelas internasional SIMAK UI S1 : 4.-26. Juni 2024

• Ujian internasional SIMAK UI S1: 30 Juni 2024.

• Pengumuman SIMAK UI S1 kategori internasional: 12 Juli 2024

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours