Bicara Pembangunan Berkelanjutan, Ketum Askonas Dorong Penguatan Ecogreen

Estimated read time 2 min read

Surabaya – Saat ini sangat penting untuk melakukan pembangunan dengan memanfaatkan ekosistem. Hal ini mengemuka pada Kamis (11/7/2024) saat Seminar Kemandirian Ekonomi bertema Penguatan Perekonomian Berbasis Ecogreen dan Penerapan Darurat Lahan Hijau yang diselenggarakan di Unesa, Surabaya.

Ketua DPP Asosiasi Kontraktor Nasional (ASCONAS), Muhammad Lutfi Setiabudi yang memiliki sumber daya menjelaskan mengapa pembangunan bersama ekosistem begitu penting. “Kebijakan lingkungan hidup sebagai salah satu solusi mengatasi darurat bumi hijau akan menjadi prioritas Ascona ke depan,” ujarnya.

Lutfi berharap dapat menggunakan konsep green building dalam pembangunan gedung dan rumah. Selain itu, indikator bangunan ramah lingkungan dalam konstruksi telah menjadi isu global yang harus diatasi. “Kami berharap asosiasi yang dibentuk kementerian ini secara bertahap dapat melatih anggotanya untuk menyelaraskan pelaksanaan program pemerintah,” ujarnya.

Sebab, pembebasan lahan seringkali dilakukan tanpa memperhitungkan efek domino yang berkelanjutan. Misalnya saja terkait sampah dan juga dampak reklamasi lahan. Masih terdapat kekurangan terutama terkait lahan pertanian.

“Sebagai asosiasi kontraktor, kami juga memberikan saran mengenai konstruksi yang menggunakan bahan daur ulang. Ini menjadi solusi bagi seluruh kontraktor yang ada, terutama yang tergabung dalam Asconas,” imbuhnya.

Pemerintah juga harus fokus pada penggunaan lahan. Terutama mengenai penggalian atau penambangan liar tanpa izin. Hal ini harus menjadi sorotan kolektif demi kelestarian lingkungan yang lebih baik.

“Sebagai anggota masyarakat yang peduli terhadap masa depan lingkungan, saya ingin menekankan pentingnya mengubah industri pertambangan ke praktik yang lebih ramah lingkungan. “Industri pertambangan harus bergerak ke arah konsep lingkungan hidup, dimana praktik ekstraksi dan pengelolaan mempertimbangkan dampak lingkungan secara serius,” ujarnya.

Sebab, pemerintah perlu lebih selektif dalam mengambil langkah awal dalam proses perizinan pertambangan. Kelompok masyarakat juga harus menjaga lingkungan untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan.

Sebagai kontraktor, Asconas ingin bekerja sama dalam memantau dan menerapkan prinsip lingkungan dalam setiap pembangunan. “Bersama-sama kita bisa membangun masa depan pertambangan yang lebih berkelanjutan untuk generasi mendatang,” jelasnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours