Wajib Tahu, Ini Cara Membersihkan Cache HP Xiaomi

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Pengguna ponsel merasakan kinerja perangkatnya melemah. Salah satu penyebabnya adalah terlalu banyaknya trace file alias cache, ada cara mudah menghapus cache hp xiaomi yang harus kamu ketahui.

Penyimpanan data meluap karena terlalu banyak menyimpan cache di HP Xiaomi. Akibatnya, akan memakan waktu lama saat pengguna melakukan browsing.

Menurut berbagai sumber, berikut cara menghapus cache di HP Xiaomi, Rabu (8/7/2024): 1. Cek file manager

Buka aplikasi File Manager di ponsel Xiaomi. Aplikasi ini berasal dari ponsel resmi Xiaomi, bukan aplikasi yang diunduh dari Play Store.

2. Periksa memori

Setelah membuka aplikasi pengelola file, pilih ikon folder di bagian atas, lalu pilih “Penyimpanan”.

3. Periksa statistik penggunaan

Statistik penggunaan ruang internal akan menunjukkan kapasitas memori data yang digunakan. Biasanya menampilkan aplikasi, data gambar, audio, video dan file lainnya. Misalnya, file lain mungkin memerlukan hingga 17,65 GB.

4. Hapus aplikasi dan data

Pilih “Apk dan Data”. Aplikasi yang memakan ruang internal akan muncul dari yang terbesar hingga terkecil.

Misalnya, aplikasi Galeri memerlukan ruang hingga 2,25 GB, pilih aplikasi Galeri, lalu pilih Hapus Semua Data. Jangan khawatir, foto dan video Anda tidak akan terhapus. Lakukan hal yang sama untuk aplikasi lain seperti PicsArt.

5. Hapus videonya

Pilih folder “Video” dan tandai video yang tidak diperlukan atau berukuran besar, lalu hapus.

6. Hapus file lainnya

File lain seringkali tidak terdeteksi oleh sistem dan harus dideteksi secara manual. Kembali ke halaman beranda File Manager dan klik tiga titik di sudut kiri atas, pilih “Pengaturan”, lalu aktifkan opsi “Tampilkan file tersembunyi”.

7. Temukan dan hapus file tersembunyi

Cari folder tersembunyi yang ditandai dengan titik di depannya. Buka satu per satu dan hapus file besar, seperti yang ada di folder cache aplikasi Facebook atau galeri MIUI.

8. Hapus file yang tidak diperlukan

Gunakan fungsi pencarian di pengelola file untuk menemukan beberapa file seperti APK, thumbnail, dan gambar sampah, lalu tandai dan hapus.

9. Nyalakan ulang

Setelah menghapus file yang tidak diperlukan, restart ponsel untuk mengoptimalkannya. Buka kembali aplikasi pengelola file dan periksa ruang penyimpanan. Setelah Anda membersihkan file sampah ini, Anda akan melihat perbedaan yang signifikan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours