Tes Wawancara Beasiswa? Ini 11 Hal yang Biasa Ditanyakan dan Tips Menghadapinya

Estimated read time 4 min read

JAKARTA – Inilah 11 hal yang biasa ditanyakan dalam wawancara beasiswa universitas. Salah satu tahapan yang harus Anda lalui untuk mendapatkan beasiswa kuliah adalah wawancara. Wawancara beasiswa ini mirip dengan wawancara kerja, namun sedikit berbeda.

Pada artikel kali ini, kami membahas 11 pertanyaan wawancara beasiswa yang umum dan tips menjawabnya, berdasarkan berbagai sumber. Silakan periksa dengan segala cara.

11 pertanyaan untuk wawancara beasiswa

1. Tolong beritahu kami tentang diri Anda

Bagian paling umum dari wawancara adalah presentasi pribadi. Detikor pasti akan meminta Anda menceritakan tentang diri Anda. Jangan buang waktu Anda untuk menjelaskan apa yang sudah ada di resume Anda. Jelaskan sesuatu yang unik tentang Anda yang tidak disebutkan dalam resume Anda.

2. Motivasi mengikuti sistem beasiswa

Selanjutnya pewawancara ingin menguji kesediaan Anda untuk mengikuti program beasiswa ini. Silakan ceritakan kepada kami tentang pengalaman, impian, dan aspirasi yang membuat Anda memanfaatkan kesempatan ini.

3. Alasan memilih universitas

Anda juga akan ditanya mengapa Anda memilih universitas ini. Misalnya, bisa dibilang karena berkaitan dengan bidang yang ingin dispesialisasikan.

4. Garis besar rencana penelitian

Jika beasiswanya untuk jenjang magister atau doktoral, pewawancara biasanya akan meminta penjelasan mengenai rencana penelitian Anda selanjutnya. Pertanyaan ini penting dalam menentukan kesiapan seorang calon mahasiswa. Pastikan jawaban Anda masuk akal dan beralasan.

5. Tantangan terbesar yang pernah saya hadapi

Selain itu, Detiker juga dapat menanyakan tantangan terbesar dalam hidup Anda dan cara Anda menghadapinya. Ini adalah kesempatan Anda untuk menunjukkan ketahanan dan kemampuan Anda dalam menghadapi tantangan dan kegagalan.

6. Pengalaman kepemimpinan atau pengabdian kepada masyarakat.

Tolong beritahu kami tentang peran Anda dalam organisasi komunitas, proyek, dan kegiatan. Akan lebih baik jika makalah tersebut menunjukkan keterampilan kepemimpinan. Harap berikan contoh spesifik mengenai dampak positif Anda terhadap masyarakat.

7. Orang yang menginspirasi saya

Pewawancara mungkin juga menanyakan siapa yang menjadi inspirasi dalam hidup Anda. Jawabannya bisa siapa saja. Misalnya ayah, ibu, keluarga, idola, dll. Yang terpenting, mewarisi segala sesuatu yang bisa ditiru.

8. Prestasi terbaik dalam hidup saya

Silakan bagikan pencapaian terbesar Anda dalam hidup terkait dengan bidang studi dan tujuan Anda. Kami akan menceritakan sejarah, hambatan, dan pengaruh yang membawa kami sampai pada titik tersebut.

9. Rencana setelah lulus

Tolong beritahu kami tentang rencana masa depan Anda setelah lulus dari universitas. Menyampaikan visi dan ambisi yang berguna untuk pengembangan lebih lanjut.

10. Apa yang membuat Anda berharga?

Pertanyaan yang perlu ditanyakan adalah: Apa yang membuat Anda memenuhi syarat untuk menerima beasiswa? Silakan jawab dengan contoh spesifik, soroti pencapaian, keterampilan, dan kontribusi yang relevan dengan bidang studi Anda.

11. Apakah ada yang ingin anda tanyakan?

Pada akhirnya, kandidat biasanya ditanyai apakah mereka memiliki pertanyaan. Hal ini untuk melihat apakah calon tersebut benar-benar antusias. Jadi perlu ditanyakan seperti apa program dan fasilitas di sana.

Kiat wawancara beasiswa

1. Simulasi wawancara

Tips pertama adalah Anda bisa mencoba melakukan simulasi wawancara dengan teman dan keluarga Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk melihat seperti apa jawaban yang akan diberikan pewawancara, sehingga Anda dapat memperkirakan jawaban seperti apa yang akan Anda berikan.

2. Penelitian mengenai beasiswa

Pertama, Anda perlu meneliti beasiswa yang ingin Anda lamar berdasarkan visi, misi, tujuan, dan institusi yang memberikan beasiswa tersebut.

3. Penelitian fakultas/kampus

Cari tahu juga tentang program gelar dan kampus yang Anda hadiri. Jika Anda memilih kampus di luar negeri, pelajari juga budaya negara lain tersebut.

4. Kenali dirimu sendiri

Kenali diri Anda secara mendalam. Hal ini dapat terkait dengan kesuksesan, masalah yang lebih besar, atau pengalaman lainnya. Hindari mengarang jawaban karena akan sulit bagi pewawancara untuk terus mengejar jawaban Anda.

5. Berpakaianlah dengan hati-hati

Penting untuk berpakaian secara bijaksana untuk wawancara beasiswa. Penampilan meninggalkan kesan mendalam di awal pertemuan. Warna dan jenis pakaian mungkin berbeda-beda, jadi Anda harus mempersiapkannya dengan tepat.

6. Tepat waktu

Tepat waktu merupakan hal penting yang harus dilakukan seorang kandidat. Sebab, terlambat akan memberikan kesan buruk bagi pewawancara.

7. Berjabat tangan

Cobalah berjabat tangan dengan pewawancara. Ini menunjukkan kepercayaan diri Anda. Jangan menjabat tangan Anda terlalu longgar atau terlalu kuat.

8. Bahasa tubuh

Anda juga harus memperhatikan bahasa tubuh Anda selama wawancara. Duduklah dengan tegak, tetapi jangan terlalu kaku. Jangan mengistirahatkan dagu atau menyentuh meja. Lakukan kontak mata dengan pewawancara Anda dan tampil antusias.

9. Siapkan pertanyaan Anda

Bersiaplah dengan pertanyaan penting untuk menunjukkan kegembiraan Anda.

10. Persiapan dokumen terlampir

Jangan lupa untuk membawa dokumen penting yang mungkin Anda perlukan saat wawancara, seperti resume, ijazah, transkrip nilai, surat rekomendasi, dan portofolio yang relevan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours