Mobil Susah Dihidupkan, Yuk Cari Tahu Penyebabnya!

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Mobil menjadi kebutuhan sebagian besar masyarakat untuk beraktivitas sehari-hari. Jika tidak dirawat dengan baik maka mesin mobil akan sulit dihidupkan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab mobil sulit dihidupkan.

Jika mobil tiba-tiba susah atau bahkan tidak bisa distarter, mungkin ada masalah pada bagian tertentu. Seringkali pemilik mobil tidak menyadari adanya kerusakan, apalagi pada barang yang belum diperiksa.

Dengan mengetahui berbagai alasannya, pemilik dapat lebih memahami perlengkapan mobil yang tepat. Berikut berbagai faktor penyebab mobil sulit dihidupkan, seperti yang diungkapkan Suzuki:

1. Unit dinamo starter rusak

Yang pertama bisa rusak adalah dinamo starter. Bagian inilah yang bermasalah dan perlu dicek jika mobil tidak mau hidup.

Penting untuk dipahami bahwa fungsi utama dinamo starter adalah untuk menggerakkan mobil anda, sehingga pasti akan timbul masalah jika bagian ini mengalami kerusakan.

2. Baterai lemah atau bermasalah

Masalah mesin mobil tidak hidup bisa disebabkan oleh masalah aki. Jika di tengah jalan mesin mobil tiba-tiba berhenti bekerja atau berhenti mendadak, maka bagian ini penting untuk diperiksa.

Bisa jadi aki rusak, lingkungan kurang bersih, atau aki mobil sudah habis masa pakainya.

3. Sisi selotip yang rusak

Jika tidak ada masalah pada dinamo dan aki, maka sebaiknya dilakukan pengecekan selanjutnya pada bagian kumparan. Mobil akan sulit dihidupkan jika bagian ini terlalu panas sehingga perlu dipastikan kondisinya selalu kuat.

4 Masalah bahan bakar

Masalah mobil tidak bisa dihidupkan juga bisa disebabkan karena bahan bakarnya yang kurang bagus. Jika oli tidak dapat mengalir sebagaimana mestinya, maka mesin mobil tidak dapat bekerja dengan baik dan dapat menyebabkan mobil mogok.

5. Busi harus diganti

Busi yang rusak atau aus karena masa pakainya dapat menimbulkan berbagai masalah. Salah satunya adalah mobil Anda sulit atau bahkan tidak bisa distarter.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours