Bielsa kecam pelaksana Copa Amerika atas kericuhan di tribun penonton

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Pelatih Uruguay Marcelo Bielsa menilai penyelenggara Copa America harus bertanggung jawab atas kemelut yang terjadi pada laga semifinal antara Uruguay kontra Kolombia, Kamis (11/7).

Mantan bos Leeds United itu mengkritik Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) karena memberikan sanksi kepada tim nasional Uruguay atas kekacauan pasca pertandingan dalam kemenangan 1-0 Kolombia.

Insiden tersebut dihadiri oleh beberapa pemain Uruguay, termasuk striker Liverpool Darwin Nunez, yang turun ke tribun dan bentrok dengan fans Kolombia.

Para pemain Uruguay mengatakan mereka melakukan itu untuk melindungi keluarga mereka yang menonton di tribun, namun diserang oleh fans Kolombia di Stadion Bank of America.

“Para pemain bereaksi seperti orang lain,” kata Bielsa kepada AFP dalam konferensi pers jelang perebutan tempat ketiga, Minggu (14/7) melawan Kanada.

“Bagaimana jika Anda melihat istri, ibu, saudara perempuan atau anak Anda diserang dan tidak ada yang membantu? Apakah mereka (Conmebol) akan menghukum mereka yang datang untuk membela diri?”

Mantan pelatih Lazio itu mengatakan pihak penyelenggara Copa America adalah pihak pertama yang bertanggung jawab atas insiden tersebut.

“Melindungi fans tidak ada hubungannya dengan tim atau federasi sepak bola. Tahukah Anda siapa yang bertanggung jawab atas hal itu?” ujar pelatih kelahiran Argentina itu.

Tak seorang pun ingin melihat kekerasan. Tapi hal pertama yang harus dilihat adalah apa yang menyebabkan reaksinya,” kata Bielsa. Sanksi apa pun tidak boleh menargetkan pesepakbola.

“Kami ingin menegaskan kembali dan memperingatkan bahwa tidak ada toleransi terhadap tindakan yang dapat merusak perayaan sepak bola global ini,” kata Conmebol setelah ketegangan tersebut.

Di sisi lain, mantan pelatih Chile itu belum memberikan komentar apa pun terkait laga besok melawan Kanada.

Copa America 2024 akan berakhir pada Senin (15/7) dengan laga Argentina vs Kolombia di final WIB. Uruguay tersingkir di babak semifinal setelah kalah dari Kolombia, namun Ronald Araujo cs berhasil mengalahkan Brasil di babak perempat final.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours