Pelindo Regional 4 catat arus kapal capai 35.611 call

Estimated read time 2 min read

Makassar (Antara) – Direktur Jenderal Palindo Region, Abdulaziz mengatakan hingga Mei 2024, pihaknya mencatat jumlah kapal yang masuk dan keluar seluruh pelabuhan sebanyak 35.611 call.

Jumlah ini meningkat sekitar 7 persen dibandingkan jumlah kapal pada periode yang sama tahun lalu, kata Abdulaziz dalam keterangannya kepada media di Makassar, Kamis.

Menurutnya, pengembangan Palindo Regional 4 ini merupakan hasil keberhasilan Manajemen Palindo Group di wilayah kerja Tanjung Radib yang telah bermitra dengan perusahaan tambang batu bara PT Berao Coal dan jasa pengangkutan batu bara perseroan. Dermaga Grombing, dan Surin.

“Juga terjadi peningkatan aktivitas pelayaran di Tanjung Ridab, fasilitas ShipToShip (STS) dan fasilitas multiguna,” ujarnya.

Meningkatnya arus kapal di Wilayah 4, lanjutnya, juga disebabkan oleh meningkatnya aktivitas kapal di pelabuhan Balikpapan, itulah keberhasilan Manajemen Palindo Group di Wilayah 4 Balikpapan dalam melakukan penetrasi pasar. mengirimkan air di beberapa saluran khusus (Balikpapan). . Letaknya di dekat perairan pelabuhan, misalnya Terminal Khusus PT Kotai Refinery Nusantara dan tempat PT Pertamina Lavi Lavi.

Terkait pelayanan peti kemas, Abdulaziz mengatakan, penerimaan jumlah peti kemas pada Mei 2024 juga meningkat sekitar 11 persen dibandingkan capaian periode yang sama tahun lalu, yakni 978.771 TEUs (setara dengan dua puluh kaki).

Hal ini terjadi karena meningkatnya aktivitas bongkar muat peti kemas Merats Line di pelabuhan Makassar akibat meningkatnya permintaan barang konsumsi di wilayah Makassar menjelang Sholat Idul Fitri, dan sejak Mei 2024, Merats Line juga telah melakukan bongkar muat kargo. Pengoperasian kontainer di pelabuhan Paripir.

Selain itu, peningkatan arus peti kemas juga disumbang oleh pelabuhan-pelabuhan di sekitar IKN (Ibu Kota Nusantara), yakni Terminal Peti Kemas Kultim Kriangau atau KKT di pelabuhan Balikpapan dan T di kawasan pelabuhan Samarinda. PK Palaran. peningkatan tersebut seiring dengan peningkatan kegiatan di IKN,” kata Abdul Aziz.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours