238.516 anak jadi sasaran PIN Polio di Jakarta Selatan

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (ANTARA) – Sebanyak 238.516 anak menerima vaksinasi pada Pekan Imunisasi Anak Nasional (PIN) di Jakarta Selatan. Target Jakarta Selatan sebanyak 238.516 anak, kata Kepala Sumber Daya Manusia Kesehatan Pusat Pelayanan Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Selatan, Dina Nurjanna, saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Dina mengatakan, penyaluran vaksin polio di Jakarta Selatan (Jaxel) ditargetkan mencapai 100% berdasarkan target jumlah anak yang menerima vaksin IP 40 atau satu vaksin untuk 40 anak.

Ia berharap langkah ini dapat melindungi anak-anak dari penyakit virus yang dapat merusak sistem saraf dan menyebabkan kelumpuhan atau bahkan kematian. Sejauh ini belum ada kasus polio di Jakarta Selatan, ujarnya. Baca Juga: Jakpus Targetkan Capai 95% Cakupan Vaksin Polio Partai juga memastikan bahwa vaksin anak-anak tetap aman. “Ini tentang memastikan keamanan vaksin, mengatur penyimpanan vaksin yang memenuhi standar,” ujarnya.

Dina mengatakan vaksin anak PIN aman disimpan pada suhu 25 hingga 15 derajat Celcius di bawah nol.

Vaksin selanjutnya diangkut ke Pusat Imunisasi PIN dalam keadaan beku standar dalam wadah penyimpanan vaksin kemasan dingin (vaksin pembawa).

Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan akan memberikan vaksinasi penyakit anak di puskesmas, sekolah, dan tempat layanan imunisasi terdekat mulai 23 Juli 2024. Baca juga: Dokter Peringatkan Orang Tua Jangan Lewatkan Vaksinasi Anak, dr Departemen Epidemiologi dan Imunitas Puskesmas DKI Jakarta Budi Setiawan mengatakan, kelumpuhan akibat kelumpuhan belum bisa disembuhkan. Oleh karena itu, Anda harus berusaha semaksimal mungkin untuk menghindari penyakit tersebut. Menurutnya, pencegahan yang paling efektif adalah dengan imunisasi, berupa empat tetes vaksin dan dua kali suntikan usus penuh.

PIN Pediatric menyasar seluruh anak usia 0-7 tahun, apapun status imun sebelumnya. PIN Polio tahap pertama akan dimulai pada 27 Mei 2024 dan tahap kedua pada 15 Juli 2024. Baca juga: Apa Kata Dokter tentang Penyebaran Virus Polio yang Dimulai dari Kotoran?

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours