Viral Kampus Merdeka Disetop, Kemendikbud Bilang Begini

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Viral di media sosial bahwa program kampus merdeka dihentikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan langsung merespons.

Sebelumnya sempat viral di media sosial

Baca juga: Dorong perubahan pendidikan, Pekan Kampus Merdeka 2024 perkuat gerakan MBKM mandiri

Program-program tersebut antara lain magang mandiri, pertukaran pelajar ke luar negeri atau International Indonesian Student Mobility Award (IISMA), dan program kampus merdeka lainnya.

Menyikapi hal tersebut, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kamandikbodristek) melalui Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Diktiritek) Abdul Haris mengatakan program pembelajaran membaca mandiri (IMK) akan terus dilanjutkan. berjalan pada hal yang sama. Semester tahun ajaran 2024/2025.

Baca juga: Pekan Kampus Merdeka 2024 Perkuat Gerakan MBKM Mandiri

Mengapa program ini masih berjalan? Mantan Wakil Rektor Universitas Indonesia (U) ini menjelaskan, MBKM merupakan kebijakan pertama sepanjang sejarah yang memberikan keleluasaan dan pengalaman terbuka kepada mahasiswa secara luas dan gratis karena didanai oleh pemerintah.

“Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berkomitmen untuk terus memberikan hak belajar kepada mahasiswa guna memperoleh pengalaman yang relevan sebagai pengajar bagi dunia pasca kampus,” ujarnya, melalui siaran pers, dikutip Selasa (30/ 7/). . 2024).

Mantan Dekan FMIPA UI mendorong mahasiswa untuk mengikuti berbagai program MBKM. Ia bersyukur atas antusias pendaftar sebelumnya.

“Saya harap kita bisa selalu mendukung harapan mahasiswa agar MBKM terus eksis dan berkelanjutan,” kata Haris penuh harap.

Baca juga: Hadapi Tantangan dan Penuhi Kebutuhan Masa Depan, Berikut Manfaat Program MBKM

Haris berharap kepada mahasiswa yang mendaftar untuk mengikuti MBKM, dapat mengikuti rangkaian percobaan pada lini masa berikutnya.

Penyesuaian jadwal tersebut dilakukan dalam proses pembukaan penyesuaian otomatis anggaran belanja wajib bidang pendidikan.

Timeline Kampus Merdeka 20241. Program Penghargaan Mobilitas Mahasiswa Internasional Profesional Indonesia (Entrepreneur) (IISMA-E)

– Tanggal pembukaan pendaftaran siswa: 8 Mei 2024

– Tanggal pengumuman hasil pemilihan mahasiswa : 7 Agustus 2024

– Tanggal mulai kegiatan: 4.10.2024

Dari tahun ke tahun akses terhadap universitas terbaik di dunia semakin meningkat, dimana program IISMA memungkinkan mahasiswa Indonesia berasal dari institusi terbaik dunia.

Kampus-kampus tersebut antara lain Yale University, University College London, Nanyang Technological University, University of Pennsylvania, National University of Singapore dan masih banyak lainnya.

2. Studi Independen dan Magang Bersertifikat (MSIB)

– Tanggal pembukaan pendaftaran mahasiswa: 26 April – 10 Juni 2024

– Tanggal dan pengumuman seleksi mahasiswa gabungan: 21 Agustus – 4 September 2024

– Tanggal mulai kegiatan: 9 September 2024

3. Wirausaha Mandiri (WMK)

– Tanggal pembukaan pendaftaran siswa: 5 Agustus – 3 September 2024⁠

– Tanggal pengumuman hasil seleksi mahasiswa : 16 September – 19 September 2024

– Tanggal mulai kegiatan: 23/9/2024

Jumlah kesempatan magang di perusahaan-perusahaan terbaik di Indonesia semakin meningkat. Misalnya Google Bangkit menerima lebih dari 12.134 siswa, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk menerima lebih dari 1.131 siswa, dan BRI menerima lebih dari 686 siswa.

4. Kampus pengajar

– Tanggal pembukaan pendaftaran mahasiswa: 6 Mei – 10 Juni 2024

– Tanggal pengumuman hasil pemilihan mahasiswa : 7 Agustus 2024

A) Penyidikan: 27 Agustus 2024

B) Implementasi (implementasi program di sekolah): 9.9.2024

Tercatat sejak tahun 2021 hingga saat ini terdapat 404.155 mahasiswa penerima manfaat program MBKM dan hampir 30.253 praktisi mengikuti kerangka MBKM, di luar program MBKM Mandiri yang dijalankan masing-masing perguruan tinggi.

Jumlah mahasiswa penerima bantuan pun meningkat drastis dari 2.390 mahasiswa pada tahun 2020 menjadi 324.871 mahasiswa pada tahun 2023. Sebanyak 1.695 perguruan tinggi memperbolehkan dan mengirimkan mahasiswanya belajar di luar kampus melalui Kampus Merdeka.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours