Massa Aksi Buruh Unjuk Rasa di Depan Patung Kuda Jakarta, Ini Tuntunannya

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Ratusan buruh yang tergabung dalam Partai Buruh dan Konfederasi Serikat Buruh Indonesia (KSPI) berkumpul di depan patung kuda di Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2024). Mereka berkumpul untuk beberapa tuntutan.

Berdasarkan penelusuran SINDOnews, mereka membawa dua mobil komando dan melakukan operasi unjuk rasa. Sambil membawa beberapa spanduk bertuliskan KSPI dan Partai Buruh.

Seorang pekerja di barisan depan membawa poster bertuliskan “Hentikan PHK di industri kurir dan logistik.” Ketua KSPI Sait Iqbal yang juga Ketua Umum Partai Buruh menjelaskan, tindakan ini mendatangkan tujuh permohonan. Berikut adalah permintaan berikut:

1. Berhenti merumahkan pekerja garmen.

2. Mencabut Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 8 Tahun 2024 tentang Kebijakan dan Ketentuan Impor.

3. Melindungi industri dalam negeri khususnya industri tekstil, kurir, logistik dan baja.

4. Mencabut pembatasan Dirjen Perhubungan Darat yang membolehkan broker/platform online dari luar negeri membuka usaha jasa kurir dan logistik.

5. Menghentikan persaingan tidak sehat antara jasa kurir dan logistik asing yang dimiliki oleh platform luar negeri seperti Shopee, Blibli dan Tokopedia dengan jasa kurir dalam negeri seperti J&T dan Pos Indonesia.

6. Menghindari potensi PHK terhadap puluhan ribu pekerja di industri kurir dan logistik, termasuk di Pos Indonesia.

7. Komisi Investigasi Persaingan Usaha hendaknya memanggil Shopee, Blibly, Tokopedia dll untuk mencegah platform asing ikut serta dalam bisnis jasa kurir dan logistik.

Menurut Syed Iqbal, industri TPT Indonesia sedang mengalami masa krisis dengan puluhan pabrik ditutup dan PHK.

Penyebab permasalahan tersebut adalah terbitnya Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Tahun 2024 Nomor 8, ujarnya kepada wartawan, Rabu (3/7/2024).

Oleh karena itu, pihaknya menuntut menteri pengelolaan perdagangan ini segera dicopot dan pemerintah mencari solusi agar tidak terjadi PHK.

Sementara terkait ancaman penghematan bagi industri kurir dan logistik, Syed Iqbal mengatakan hal itu disebabkan adanya aturan Dirjen Perhubungan Darat yang membolehkan platform online luar negeri seperti Shopee, Blibly, dan Tokopedia mengoperasikan kurir dan logistik. Membuat unit bisnis jasa.

“Ini bertentangan dengan prinsip persaingan usaha yang sehat dan mereka mengendalikannya dari atas ke bawah,” ujarnya.

Dampaknya, bisnis jasa kurir dan logistik dalam negeri seperti J&T, Pos Indonesia, dan Tiki banyak kehilangan lapangan kerja sehingga berpotensi merumahkan puluhan ribu pekerja kurir dan logistik pada Juli-Agustus. Industri jasa.

Oleh karena itu, Dirjen Perhubungan Darat sebaiknya mencabut aturan yang membolehkan platform asing seperti Shopee, Blibli, Talkopedia, dan TikTok melakukan bisnis kurir dan logistik, karena merugikan bisnis jasa kurir dan logistik dalam negeri. pekerja,” ujarnya.

Sementara itu, Syed Iqbal meminta Komisi Investigasi Persaingan Usaha (KPPU) memanggil Shopee, Blibly, Talkopedia dll untuk melarang platform asing bermain di industri jasa kurir dan logistik.

Partai Buruh dan KSPI mendesak Presiden Jokowi segera mengambil langkah melindungi industri dalam negeri. Dalam lingkungan ekonomi yang semakin sulit, Syed Iqbal menekankan pentingnya melindungi bisnis lokal untuk mempertahankan lapangan kerja dan mencegah PHK.

“Partai Buruh dan KSPI ingin pemerintah menerapkan kebijakan yang mendukung pertumbuhan dunia usaha nasional, mengurangi ketergantungan impor dan mendorong pelaku usaha lokal. Diharapkan dengan langkah ini, industri dalam negeri semakin kuat dan mampu bersaing di pasar global. , sekaligus meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja,” kata Iqbal.

Nantinya, dari patung kuda, massa akan bergerak menuju Istana Negara, dilanjutkan dengan long march berjalan kaki menuju Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perhubungan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours