Uus Komentari Imane Khelif Petinju Transgender di Olimpiade Paris 2024: Halo Feminis

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Uus angkat bicara soal kontroversi Iman Khalif, petinju transgender Aljazair yang mengalahkan petinju Italia Angela Carini di Olimpiade Paris 2024. Laga kedua mereka di babak 16 besar hanya berlangsung 46 detik.

Angela Carini yang berkali-kali dikalahkan Iman Khalif memutuskan mundur dari Olimpiade Paris 2024 dan terlihat berdarah-darah.

Bahkan karena tak kuasa menahan sakit, Karini menangis usai dipukul Khalif. Kontes tersebut pun mendapat beragam reaksi dari komunitas, termasuk Uus yang juga memberikan respon di akun X miliknya.

Pemilik nama asli Rizky Firdaus Wijaksana itu pun menyayangkan kejadian tersebut. Uus menuliskan komentarnya menanggapi cuitan akun @vtchakarova yang mengungkapkan kesedihannya atas kejadian tersebut.

Foto/X @uuscustomaja

Ia mempertanyakan hak-hak atlet perempuan yang seharusnya mampu bersaing dengan pesaing setara. Khalif asal Aljazair mengalahkan petinju Italia Angela Carini hanya dalam waktu 45 detik pada debut tinju kelas 66kg di Olimpiade, demikian bunyi akun @vtchakarova, dikutip Jumat (2/8/2024).

“Sayang sekali! Bagaimana dengan hak biologis? Di mana semua perempuan saat Anda membutuhkannya?” Dia melanjutkan.

Avas juga merasa marah. Suami Kartika sempat menuliskan pesan kepada perempuan atau sekelompok orang yang umumnya menginginkan pembebasan atau kesetaraan, serta keadilan dan kesetaraan. Baginya, ini saatnya berbicara tentang kesetaraan.

“Halo nona-nona? Halo…jangan pura-pura tidak mendengarku,” kata Uus dikutip di akun X @uuscustomaja.

Tweet Uus menjadi viral, dilihat 1,5 juta kali dan menuai reaksi beragam. Netizen pun ramai membela Karini dan merasa geram atas kejadian tersebut.

“Olimpiade adalah yang paling konyol dan aneh. Wanita kini merasa menghancurkan wanita sejati,” tulis Internet.

“Dia bahkan mengatakan itu tidak adil,” kata media jaringan tersebut.

“Hukum transgender begini: terhadap transgender lain. Bukan terhadap perempuan sungguhan,” balas warganet.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours