KA UNSOED Buka Lowongan Ketua Umum Baru di Munas 4 Agustus 2024, Ini Syaratnya

Estimated read time 2 min read

PURVOKERTO – Keluarga mantan mahasiswa Universitas Jendral Soderman (KA UNSOED) memulai rangkaian pemilihan ketua umum KA UNSOED masa amanah 2024-2028. Ketua Umum KA UNSOED akan dipilih pada 4 Agustus 2024 pada Musyawarah Nasional IV (MONAS) di Purwokert.

Prinsip pemilihan Ketua Umum Kereta UNSOED adalah jujur, adil, tertib, terbuka, proporsional, efektif dan efisien, kata Astera Primanto, Ketua Kereta UNSOED, dalam keterangan tertulisnya kepada Bhakti Media, Jumat (14/1). 06/2024).

Menurut Astera, terpilihnya Ketua Umum membawa rasa persatuan dan kekeluargaan di kalangan alumni Unsoed yang kini tersebar di berbagai wilayah dan bidang kerja.

Pemilihan umum ini merupakan upaya untuk menjaga tradisi demokrasi yang menjadi semangat KA UNSOED. Pada dasarnya, seluruh mahasiswa S1 berhak mengikuti kompetisi empat tahun ini. Namun ada beberapa syaratnya, yaitu:

1. Mengikuti Musyawarah Nasional KAUNSOED ke-4

2. Menunjukkan komitmen dan loyalitas terhadap UNSOED

3. Tidak pernah dihukum karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana 5 (lima) tahun atau lebih

4. Tidak menjadi pengurus sehari-hari suatu partai politik, baik pusat maupun daerah

5. Bersedia menandatangani dan melengkapi seluruh dokumen administrasi yang disediakan oleh Panitia Munas KA UNSOED IV.

Tahapan pemilihan diawali dengan penyerahan formulir pendaftaran calon ketua umum Panitia Musyawarah Nasional yang dilaksanakan pada tanggal 13 Juni hingga 14 Juli 2024.

Tahap pengukuhan dilakukan pada 8-14 Juli 2024, dan penetapan bakal calon dilakukan pada 15 Juli 2024. Kampanye pemilu berlangsung pada 16-31 Juli 2024. Dilanjutkan dengan tahap validasi kandidat, presentasi visi. Dan misi serta pemilihannya akan dilaksanakan pada tanggal 4 Agustus 2024 pada Musyawarah Nasional KA UNSOED ke-4.

“Siapapun yang mencalonkan diri sebagai Ketua Umum KA UNSOED harus mampu membawa semangat persatuan dan persahabatan serta kontribusi alumni terhadap kampus dan masyarakat,” kata Astra.

Astera mengajak seluruh mahasiswa Unsoed untuk turut serta dalam proses pemilihan ketua umum. “Siapa pun boleh mencalonkan diri sebagai ketua umum, asal mahasiswanya tidak berpendidikan dan memenuhi kriteria,” imbuhnya.

KA UNSOED merupakan organisasi kemahasiswaan Universitas Jenderal Soedirman, Purvokerto, Kabupaten Baniumas, Jawa Tengah. Organisasi ini didirikan pada tanggal 18 November 1978 dan ditetapkan sebagai satu-satunya forum yang berkumpul sebagai sarana komunikasi dan forum konsultasi sesama mahasiswa serta alumni Alma Mater di Indonesia.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours