Tunggangi CBR250RR, Para Pebalap Astra Honda Racing Team Berjaya di ARRC Mandalika 2024

Estimated read time 5 min read

MATARAM – Pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) akan mengikuti Asian Road Racing Championship (ARRC) Mandalika 2024 yang berlangsung Sabtu hingga Minggu (27 Juli 2024 hingga 28 Juli) di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika Lombok, Kulon. Nusa Tenggara dan tampak mengesankan. Mereka adalah M Adenanta Putra, Veda Ega Pratama, M Kiandra Ramadhipa, Herjun Atna Firdaus, Fadillah Arbi Aditama dan Rheza Danica Ahrens.

Bertanding di kategori Supersports (SS) 600, M Adenanta Putra dan Veda Ega Pratama masing-masing menempati posisi pertama dan kedua dalam pertarungan sengit dengan kontestan Asia lainnya. Sedangkan M. Kiandra Ramadhipa berhasil meraih podium kedua pada kategori Asian Production (AP) 250.

Sejak awal pertandingan, Adenanta dan Vader mempertahankan posisi tiga besar. Persaingan untuk naik podium dan mengalahkan pembalap lain terus berlanjut hingga akhir balapan. Dengan performa terbaik dari CBR600RR, Adenanta berhasil mengejar ketertinggalan di lap terakhir dan merebut posisi pertama pada balapan kedua putaran keempat ARRC Veda menyusul dan naik podium untuk kedua kalinya dan mengibarkan bendera Merah Putih. bendera kelas SS600.

Dengan kemenangan tersebut, Adenanta mengukir sejarah tersendiri dengan menjadi juara kelas SS600 untuk pertama kalinya dan AHRT menjadi tim Indonesia pertama yang berhasil menempatkan dua pebalapnya di podium pertama dan kedua.

“Alhamdulillah impian saya untuk menang akhirnya bisa tercapai. Kerja keras saya dan tim Astra Honda membuahkan hasil dengan perjuangan yang sengit.

ARRC Mandalika 2024 merupakan ajang paling menantang, seru dan menegangkan bagi Veda. Berkali-kali dia harus bertarung dalam jarak dekat dan terdorong menjauh.

“Tetapi saya berusaha untuk tetap bekerja keras. Pada akhirnya saya mendapat juara kedua. Terima kasih kepada tim dan seluruh pihak yang mendukung saya. Saya bisa mengakhiri pekan ini dengan waktu yang baik,” kata Vidal.

Balapan ARRC digelar dua kali dengan bersaing ketat dengan pebalap Honda asal Malaysia lainnya.

Namun sayang, Adenanta mendapat penalti 3 detik karena menyalip dengan bendera kuning. Hal ini menyebabkan posisi Adenanta turun ke peringkat keempat. Sementara itu, Veda yang mengawali balapan dari pole position berhasil meraih podium ketiga setelah finis di posisi keempat pada balapan pertama seri keempat ARRC 2024.

Podium AP250

Di kategori lainnya, kategori AP250, AHRT melepas pemain M. Kiandra Ramadhipa dan Herjun Atna Firdaus. Pada balapan kedua, Ramadhipa menampilkan performa balapan yang sangat kompetitif dengan CBR250RR miliknya untuk merebut podium teratas. Ramadeepa memulai dari grid kedua dan finis keenam, berusaha mempertahankan keunggulannya sejak awal. Ramadeepa memimpin grup dan menjelang putaran terakhir, dia akhirnya naik podium untuk kedua kalinya hanya sedikit dari posisi pertama.

Pembalap lainnya, Hejun yang start dari posisi 8 pun mencoba masuk grup terdepan. Sayangnya, terjadi kesalahan saat balapan sehingga menambah jarak hingga akhirnya pebalap kelahiran Pati, Jawa Tengah itu harus puas finis di balapan kedua kelas AP250 di peringkat kedelapan.

Dan pada seri pertama sehari sebelumnya, Herjun Atna Firdaus dan M. Kiandra Ramadhipa nyaris meraih podium. Putaran kompetisi ini menghadapi tantangan baru yaitu menurunkan kecepatan hingga 200 rpm, namun kedua pembalap berbakat tersebut tetap tetap kompetitif.

Ramadeepa memulai balapan di posisi keenam. Ramadeepa tetap berusaha menunjukkan sikap optimis, namun hanya mampu finis di peringkat keenam, disusul Hulljun di peringkat ketujuh.

Alhamdulillah saya bisa naik podium pada balapan kedua. Belajar dari balapan pertama kemarin, saya mencoba mengubah strategi dan menjadi lebih tenang dan berangsur-angsur naik ke grup terdepan, memimpin balapan, kata Ramadeepa.

Namun sayang, pertarungan berlangsung sangat ketat di lap terakhir. Ramadeepa gagal mempertahankan posisi nomor satu. “Bagaimanapun, ini adalah hasil terbaik yang bisa saya raih. Terima kasih kepada tim yang telah bekerja keras memberikan kami setup terbaik pada CBR250RR.

Pebalap muda AHRT lainnya yang juga berusaha menampilkan performa balapan terbaiknya antara lain Fadillah Arbi Aditama yang mengikuti putaran keempat ARRC 2024 sebagai pebalap wildcard dan finis keempat serta Rheza Danica Ahrens yang finis kelima.

Tuan rumah

Sebagai tuan rumah, pebalap AHRT mengikuti dua kategori kejuaraan, AP250 dan SS600. Kedua mobil balap tersebut menggunakan Honda CBR250RR produksi PT Astra Honda Motor yang memiliki performa tangguh dan kaya fitur. Di Indonesia Honda CBR250RR tersedia dengan pilihan mesin bensin dan ada 2 model. Honda CBR250RR ditenagai dua mesin bensin berkapasitas 249,7 cc. CBR250RR hadir dengan transmisi manual. CBR250RR merupakan mobil sport 2 tempat duduk dengan panjang 2060 mm, lebar 724 mm, dan wheelbase 1385 mm. Jarak bebas ke tanah adalah 148 mm.

Pembalap AHRT merupakan alumni Astra Honda Racing School. Sekolah balap ini merupakan wujud komitmen AHM dalam mendukung impian para pembalap Indonesia melalui keikutsertaan kosentris di ajang bergengsi internasional. Keikutsertaannya di ARRC Mandalika 2024 mendapat dukungan antusias dari komunitas motor Honda.

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM Andy Wijaya mengatakan, kemenangan tersebut merupakan hasil kerja keras para pembalap dan mekanik untuk memberikan performa terbaik kepada masyarakat. Dukungan masyarakat Indonesia yang terus berlanjut kepada para pembalap AHRT tentu menjadi sumber energi bagi para pembalap saat berlaga di negara asalnya untuk mewakili nama Indonesia di kancah balap bergengsi, khususnya di tingkat Asia.

“Balapan akhir pekan ini sangat intens dan saya sangat bangga dengan Indonesia. Tentu saja hasil positif yang diraih para pebalap AHRT bisa menjadi modal motivasi untuk terus meraih hasil bagus di balapan selanjutnya. dukungan untuk membantu talenta-talenta terbaik tanah air untuk mencapai impian tertinggi di dunia balap.”

Kompetisi pembalap terbaik Asia ini akan berlangsung putaran kelima di Sirkuit Internasional Petronas Sepang pada 13 hingga 15 September 2024.

Selain menjadi tuan rumah bagi para pembalap alumni Astra Honda Racing School, Astra Honda Motors juga mendukung gelaran ARRC Mandalika 2024 melalui berbagai kegiatan bersama komunitas Honda, mulai dari city roll hingga event di stand AHM.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours