Transaksi hewan kurban di Depok diprediksi capai Rp286 miliar

Estimated read time 2 min read

Depok (Antara) – Di Depok, Jawa Barat, perdagangan hewan kurban pada Idul Adha 1445 H diperkirakan meningkat dari tahun 2023 menjadi Rp250 miliar hingga $286 miliar pada tahun 2024.

Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono, Sabtu, mengatakan, “Penjualan hewan kurban diperkirakan meningkat hingga Rp 286 pada tahun ini.”

Imam menjelaskan, jual beli kurban di Depok mengalami peningkatan seiring dengan catatan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Depok yang mencatat ada 468 tempat penjualan kurban pada Idul Adha tahun ini.

“Penjual hewan kurban tersebar di 11 kecamatan dan berlokasi di 468 lokasi.”

Imam menambahkan, DKP3 telah melakukan penyelidikan mendalam terhadap hewan kurban yang dijual tim investigasi berbasis Syari’ah Islam Kota Depok.

“DKP3 Kota Depok rutin melakukan pemeriksaan hewan kurban setiap tahunnya. Saya yakin para pedagang menjual hewan kurban sesuai syariat. Kesehatan fisik, mata, kaki, dan mulut baik. Hasil tes hewan kurban dalam keadaan sehat, kata sang imam.

Sementara itu, Departemen Keamanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) di Depok, Jawa Barat, mengimbau para pedagang hewan kurban agar tidak menjual hewan yang tidak memenuhi standar kesehatan.

Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) DKP3 Kota Depok, Dede Zuraida mengatakan, jika ditemukan hewan yang sakit, kami akan segera mengambil tindakan untuk memisahkannya dari hewan yang sehat.

Dede Zuraida mengatakan, Program Pendidikan Kejuruan Kedokteran Hewan (PPDH) pihaknya melakukan uji coba kurban bersama mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan dan Biomedik – Institut Pertanian Bogor (IPB) dan ahli kedokteran hewan dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI. Hewan.

Pemeriksaan dan pengendalian yang dilakukan meliputi persyaratan hewan kurban seperti Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dan pengendalian pergerakan hewan kurban, ujarnya.

Selain itu, DKP Kota Depok juga memperkuat koordinasi dengan kabupaten dan kota kecil terkait rekomendasi dan persetujuan outlet dan titik suplai DKP 3.

“Sampai 7 Juni 2024, total hewan kurban yang ada di 21 gudang berjumlah 1.501 ekor. Sapi 659 ekor, kambing 620 ekor, dan domba 222 ekor dengan rincian informasinya,” kata Dede.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours